Buka 2019, Persema Kembali Ke Askot PSSI Kota Malang

Sejarah tercipta di dunia sepakbola Kota Malang. Setelah hampir 6 tahun mengalami dualisme klub, musim 2019, dipastikan hanya akan ada satu nama Persema Malang.

Kepastian nasib Persema menjadi satu tim yang akan tampil di kompetisi Liga 3 2019, dipastikan, setelah pihak PT Singhasari Sakti menyerahkan pengelolaan Persema Malang kepada PSSI Kota Malang.

PSSI Kota Malang sendiri, selama ini menjalankan tim Persema 1953 yang juga berlaga di Liga 3.

Penyerahan kepengelolaan ini didasari, keinginan PT Singhasari Sakti, agar Persema Malang bisa dikelola oleh orang-orang yang tepat. Sehingga menjadi pusat pembinaan seperti di era terdahulu.

“Kami ingin Persema bisa berjaya seperti dahulu. Dan kami kira kembali ke PSSI Malang adalah langkah paling tepat. Apalagi saya juga mau menempuh pendidikan di China dalam waktu lama. Tentu sangat disayangkan kalau harus kembali absen dari kompetisi,” ucap Didid Affandy, CEO PT Singhasari Sakti, seusai tanda tangan serah terima Persema di kantor PSSI Kota Malang, Jumat (01/03) petang.

Musim 2018, Persema Malang harus absen dari kompetisi resmi Liga 3, karena kesibukan semua pengurusnya. Sedangkan Persema 1953, justru melaju kencang hingga babak 32 besar Liga 3 nasional.

Sementara, Ketua Umum PSSI Askot Kota Malang Haris Thofly mengaku sangat senang dengan penyerahan pengelolaan tim berjuluk Bledek Biru ini. Karena dalam sejarahnya, Persema memang adalah tim organik dari PSSI Kota Pendidikan ini sejak 1953 yang lalu.

Haris berkomitmen, akan mengembalikan kejayaan Persema di kancah sepakbola nasional, sebagai salah satu tim tradisional Liga Indonesia. Khususnya dari segi pembinaan usia dini.

“Inilah momen yang selama ini kami tunggu-tunggu. Karena Persema secara historis memang lekat dengan PSSI Kota Malang, dan kami siap untuk ini. Ke depan kami akan leboh fokus di pembinaan, sehingga Persema jadi penghasil pemain-pemain nasional kembali, seperti di masa dahulu,” beber Haris Thofly.

Selain dihadiri pihak PT Singhasari Sakti dan PSSI Kota Malang, penandatanganan pengalihan pengelolaan Persema ini juga diikuti oleh Wali Kota Malang Sutiaji, dan Ketua KONI Kota Malang Eddy Wahyono.