Piala Presiden: Persela Tekuk Persita 2-0 di Laga Perdana Grup E

Persela Lamongan berhasil meraih poin penuh pada pertandingan perdana Grup E Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (4/3) sore. Persela unggul atas Persita dengan skor 2-0.

Pertandingan di menit-menit awal berjalan lambat karena kedua tim bermain hati-hati dengan bola operan datar dan pendek. Gelandang Persita Tangerang, Egi Melgiansyah, menjadi jenderal lapangan tengah dengan mengalirkan bola bagi rekan-rekan setimnya. Sementara Persela lebih menyerang dari sisi kanan dan kiri lapangan.

Tempo pertandingan mulai bertambah cepat pada pertengahan pertandingan. Sayap kiri Persela Lamongan, Kei Hirose, memberi umpan lambung ke depan gawang dan disambut oleh Jepri Kurniawan. Sayangnya, tendangan Jepri masih terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi kiper Persita.

Armada Persela terus menyerahkan menjelang babak pertama berakhir. Selang beberapa menit, Jose Sardom hampir membuat gawang Persita bergetar karena tendangan bebasnya meluncur tipis di sisi gawang.

Jose Sardom kembali mencatatkan peluang beberapa saat setelah melepas tendangan bebas. Tendangan volinya dari luar kotak penalti pun hampir melahirkan gol pertama.

Namun kiper Persita, Anas Fitrianto masih terlalu tangguh dan dengan mudah menepis tendangan keras tersebut. Skor kacamata bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Setelah kedudukan 0-0 di babak pertama, di awal babak kedua Persita langsung mendobrak pertahanan lawan dari sisi kiri melalui Kito Chandra dan Diego Banowo.

Persita Tangerang tercatat melakukan dua serangan berbahaya di menit-menit awal babak kedua.

Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro mencoba memutar otak di lini pertahanan dengan memasukkan dua pemain baru sekaligus. Salah satunya mengganti sang kiper, Anas Fitrianto, karena terkena cedera. Persita kembali menyusun strategi dari belakang dengan bola-bola pendek.

Namun, strategi Persita hancur lebur ketika Malik Rizaldi lolos dari perangkap offside. Malik terus membawa bola hingga ke depan gawang, menggocek kiper Persela, dan mencetak gol pertama bagi timnya di menit ke-61.

Setelah itu, Persela semakin beringas menyerang pertahanan lawan. Di menit ke-69, kemelut sempat terjadi di gawang Persita. Namun, Syaiful berhasil menepis tendangan dan bola liar gagal dimanfaatkan oleh penyerang Persela, Birrul Washington, karena tendangannya masih melebar di sisi kanan gawang.

Gempuran armada Persela membuat Persita tunduk. Gelandang Persela Kei Hiroshe memanfaatkan kesalahan bek Persita Rio yang terjatuh saaat hendak menendang bola. Kei tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan berhasil menggandakan keunggulan Persela menjadi 2-0.

Dua gol tanpa balas yang dilesakkan pemain Persela bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan hasil ini, Persela memimpin sementara klasemen Grup E Piala Presiden.

Susunan Pemain Persita vs Persela:

Persita Tangerang:

Anas Fitrianto, Rio Ramandika, M. Robby, Jacky Arisandi, Muhammad Toha, Amarzuki, Egi Melgiansyah (c), Ade Jantra Lukmana, Kito Chandra, Diego Banowo, Azka Fauzi

Persela Lamongan:

Dwi K (c), Arif Satria, Eky T, Jairo, Subagja, Jepri Kurniawan, Jose, Kei Hirose, Malik Risaldi, Birrul W, Brandao.