Piala Presiden 2019: Sempat Tertinggal 0-2, Arema FC Sukses Bungkam Barito

Arema FC menang heroik atas Barito Putera dengan skor 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Malang, dalam laga Grup D Piala Presiden 2019, Senin (4/3/2019), setelah sempat tertinggal dua gol lebih dulu.

Dua gol Barito Putera dalam pertandingan ini disarangkan Yakob Sayuri pada menit ke-63 dan Evan Dimas Darmono pada menit ke-67. Tiga gol balasan Arema FC dicetak Dedik Setiawan pada menit ke-77 dan menit ke-90+5, Hardianto pada menit ke-90.

Arema FC tampil terbuka di babak pertama laga melawan Barito Putera. Menariknya, lima gol yang tercipta seluruhnya terjadi di babak kedua.

Kedua tim menunjukkan ambisi ingin mencetak gol cepat. Arema FC dan Barito Putera saling serang, beberapa peluang lahir, tapi belum ada gol tercipta.

Dedik Setiawan, Makan Konate, Dendi Santoso bergantian mengancam gawang Laskar Antasari. Sementara itu, gawang Arema FC sempat berbahaya ketika Bayu Pradana dan Yakob Sayuri beraksi.

Menjelang babak pertama berakhir, kedua tim menurunkan tempo permainan. Saat babak pertama berakhir, skor tetap 0-0.

Di babak kedua, Barito Putera mengawali babak kedua dengan menyakinkan. Tendangan bebas Bayu Pradana melambung tipis di atas mistar gawang Arema FC pada menit ke-49.

Pada menit ke-53, giliran sepakan bebas Makan Konate mengancam gawang Barito. Tapi, bola dapat diamankan Yoo Jae-hon, kiper Barito.

Gawang Arema FC akhirnya jebol pada menit ke- 63. Adalah sundulan Yakob Sayuri yang menggetarkan gawang Singo Edan.

Barito Putera langsung menggandakan keunggulan empat menit kemudian melalui Evan Dimas, yang memanfaatkan blunder bek Arema. Barito unggul 2 -0 atas Arema.

Tuan rumah langsung bangkit setelah tertinggal dua gol dari Barito. Berawal dari Dedik Setiawan yang membuat Singo Edan memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-77.

Serangan terus dilancarkan Arema FC demi menyamakan kedudukan. Upaya itu tercipta pada menit ke-90+1 ketika umpan silang Makan Konate disambut sundulan Hardianto.

Konsentrasi pertahanan Barito benar-benar hancur di masa injury time. Arema FC sempat mencetak gol pada menit ke-90+3, tapi dianulir wasit.

Namun, gol ketiga dari Arema benar-benar lahir pada menit ke-90+5 melalui Dedik. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-2 untuk kemenangan Arema FC tidak berubah.

Susunan pemain:

Arema FC (4-2-3-1): Utam Rusdiana; Hendro Siswanto, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi; Jayus Hariono, Pavel Smolyachenko; Makan Konate, Dendi Santoso, Ridwan Tawainella; Dedik Setiawan.

Pelatih: Milomir Seslija

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jae-hon; Andri Ibo, Arthur Jesus, Dony Monim, Nazar Nurzaidin; Bayu Pradana, Lucas Ramos, Evan Dimas; Prisca Womsiwor, Samsul Arif, Yakob Sayuri

Pelatih: Jacksen Tiago