Umuh Dukung M. Iriawan Jadi Ketum PSSI

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, memastikan akan mendukung Mochammad Iriawan sebagai calon ketua umum PSSI.

Menurut Umuh, Mochammad Iriawan layak memimpin PSSI di masa mendatang karena punya kapabilitas dan pengalaman mengurus klub.

Secara persyaratan, mantan Pj Gubernur Jawa Barat itu telah memenuhi syarat statuta FIFA. Sebab, pria yang akrab disapa Iwan Bule masuk dalam dewan pembina Persib Bandung sejak 2009.

“Pak Iwan ini sangat pantas (menjadi Ketum PSSI). Dia punya dedikasi yang tinggi. Dia juga punya power yang memang dibutuhkan sebagai seorang ketua,” ujar Umuh kepada pewarta, Selasa (26/2/2019).

“Pak Iwan pembina di Persib sejak 2009. Kami sama-sam mendirikan PT Persib (Bandung Bermartabat). Alhamdulillah, Pak Iriawan menjadi pembina sudah lebih dari 5 tahun,” ucapnya,” ia menambahkan.

Mengenai dukungan terhadap Mochamad Iriawan, Umuh Muchtar pastikan 5 pemilik suara di Jabar bulat mendukungnya. Dua di antaranya adalah PSSI Asprov Jawa Barat dan Persib Bandung.

“Saya pastikan Jabar 100 persen mendukung Pak Iwan untuk maju. Bahkan, ada beberapa dari luar (Jawa Barat) yang mendorong Pak Iwan maju juga,” tuturnya.

Selain itu, Umuh Muchtar juga sepakat usulan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dihelat usai Pilpres 2019. Bahkan, Bandung siap menjadi tuan rumah.

“Saya siapkan kalau (KLB PSSI) di Bandung, lebih bagus, lebih tertib, lebih aman,” pungkasnya.

Kongres Luar Biasa (KLB) yang telah diputuskan oleh Rapat Komite Eksekutif (Exco) akan membahas dua agenda yaitu membentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Setelah itu, ditentukan tanggal kongres pemilihan.

Dalam statuta PSSI, KLB paling lama harus dilaksanakan tiga bulan setelah keputusan menggelar KLB disetujui oleh Rapat Exco.