Bonek Bakal Hijaukan Bandung Jelang Duel Persib Vs Persebaya

Persebaya masih belum mendapatkan dukungan maksimal dari pendukung setia, Bonek. selama Piala Presiden 2019. Jumlah suporter dengan warna kebesaran hijau itu masih belum banyak saat Persebaya melakoni partai pertama Grup A.

Menurut data, duel antara Perseru Serui kontra Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung (2/3/2019), hanya dihadiri 7.850 penonton. Itu pun tidak semuanya Bonek. Beberapa di antaranya juga termasuk bobotoh Persib Bandung yang ikut menonton.

Demikian halnya dengan Bonek yang biasanya mulai terlihat di kota yang menjadi tempat pertandingan. Belum banyak jumlah Bonek yang berada di Bandung, beberapa di antaranya terlihat di mes Persib.

“Kebanyakan Bonek yang sudah di Bandung berbasis di daerah Jawa Barat. Yang datang dari Surabaya atau Jawa Timur, tidak terlalu banyak, baru sekitar 2000-an. Jadi, tidak heran kalau belum semarak,” kata Devara Noumanto, satu di antara pentolan Bonek, kepada Bola.com, Minggu (3/3/2019).

Laga Persebaya kontra Perseru memang belum terlalu menarik minat Bonek. Duel yang sudah ditunggu-tunggu dalam Grup A ini akan digelar di stadion yang sama, Kamis (7/3/2019). Itu merupakan laga kedua Grup A yang mempertemukan Persebaya dengan tuan rumah Persib.

Seperti diketahui, Persebaya dan Persib merupakan dua klub tradisional yang sudah eksis sejak era Perserikatan. Keduanya juga langganan juara dalam kompetisi amatir nasional sejak dibentuk pada 1931 sampai 1993-1994.

Belum lagi, suporter kedua tim, Bonek dan bobotoh Persib, juga dikenal menjalin persaudaraan yang erat. Bahkan, duel ini sudah lama sekali tidak mainkan di Bandung. Musim lalu, pertemuan Persib versus Persebaya harus digelar di Bali akibat sanksi dari PSSI.

“Memang rencananya Bonek akan tiba di Bandung pada tanggal 5 atau 6 Maret. Saat melawan Persib, itu yang dinantikan teman-teman. Kebanyakan kereta Surabaya-Bandung pada tanggal itu sudah ludes,” imbuh pria yang akrab disapa Sinyo itu.

Dua hari jelang pertandingan tersebut, kemungkinan Kota Bandung akan dihijaukan oleh Bonek. Sinyo menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan bobotoh Persib soal rencana tandang ini.