Hasil Piala AFC: PSM Diimbangi Home United

PSM Makassar bertandang ke markas Home United dalam laga pertamanya di Grup H Piala AFC. Juku Eja sempat unggul duluan sebelum akhirnya imbang 1-1.

Tempo laga yang mempertemukan Home United dengan PSM di Stadion Jalan Besar, Singapura, Rabu (27/2/2019) malam WIB, berjalan sangat lambat.

PSM lebih dulu mendapat ancaman di menit ketujuh. Bermula dari kegagalan PSM menguasai bola di sayap kanan, Hafiz Nor melepaskan tembakan dari jarak jauh yang masih melenceng.

Juku Eja berusaha mengendalikan permainan dengan umpan-umpan pendek. Home United justru lebih banyak menunggu. Situasi itu bikin tim tamu kesulitan masuk ke sepertiga akhir pertahanan Home United.

Wiljan Pluim melakukan tembakan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan M Rachmat di menit ke-24. Bola tembakan pemain asal Belanda itu masih belum mengarah ke gawang.

PSM berhasil unggul 1-0 di menit ke-26. Eero Markkanen mencetak gol setelah menuntaskan kerja sama Pluim dengan M Rachmat. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Home United berhasil menekan pertahanan PSM di 10 menit awal babak kedua. Namun, PSM masih bisa meredam serangan yang dibangun dan menciptakan sederet peluang berbahaya melalui serangan balik.

Kiper Home United melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-57. Tembakan M Rachmat ke tiang jauh berhasil ditepis Rudy Khairullah dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Home United berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-63. Hami Syahin lesakkan gol indah dari luar kotak penalti.

PSM mendapat peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-77. Sebuah umpan mendatar dari sisi sayap nyaris berhasil disambar Marck Klok di depan gawang, bola lebih dulu disapu pemain belakang lawan.

Kedua tim terus saling bergantian melancarkan serangan di sisa waktu. Tak ada gol yang tercipta dan skor 1-1 bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

Home United: Rudy Khairullah; Faizal Rozlan, Abdil Qaiyyim, Faritz Hameed; Aqhari Abdullah, Shahril Ishak, Izzdin Shafiq, Hami Syahin, Fazli Ayob; Hafiz Nor, Adam Swandi.

PSM Makassar: Rivki Mokodompit; Abdul Rahman, Taufik Hidayat, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Marck Klok, Rizky Pellu; Muhammad Rachmad, Eero Markkanen, Zulham Zamrun.