Kontra Persidago Jadi Ajang Percobaan Bajul Ijo

PERSEBAYA Surabaya akan melakukan sejumlah eksperimen saat menghadapi Persidago Gorontalo di leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019 hari ini. Dalam laga kali ini, ‘Bajul Ijo’ rencananya menurunkan gelandang serang anyar mereka, Damian Lizio. Pemain berpaspor Bolivia itu diharapkan dapat menggantikan peran krusial Robertino Pugliara yang hijrah ke Persib Bandung.

Tim kepelatihan Persebaya Surabaya ingin melihat kemampuan Lizio di laga kompetitif. Eksperimen ini dinilai tak akan berisiko besar karena Persebaya punya modal yang cukup untuk melaju ke partai selanjutnya setelah unggul 4-1 di leg pertama.

“Dari latihan sore ini (kemarin), Lizio punya kualitas. Tapi ini kan latihan, jadi ujian sesungguhnya ada di pertandingan Sabtu (hari) ini,” kata asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro.

Di sisi lain, Persebaya kian percaya diri menatap Piala Indonesia karena penyerang baru Amido Balde makin menyetel dengan permainan yang diinginkan pelatih kepala Djajang Nurjaman. Striker 27 tahun itu total telah menyarangkan enam gol di Piala Indonesia. Dua di antaranya ia gelontorkan pada pertemuan pertama melawan Persidago.

“Seperti yang pernah dikatakan coach Djajang, Balde pemain bagus. Tapi dia belum berada di posisi puncak dan akan bisa lebih baik lagi,” imbuh Bejo.

Di sisi lain, Arema FC harus mengubur impian meraih trofi Piala Indonesia tahun ini. Walau bermain 2-2 dengan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada leg kedua kemarin, Arema tersingkir karena kalah produktif mencetak gol di kandang lawan.

Hasil 2-2 membuat agregat menjadi 3-3 setelah di leg pertama di kandang Persib, kedua kesebelasan bermain 1-1. Namun, Persib berhak lolos karena mencetak gol lebih banyak di kandang lawan.

Bermain di kandang, Arema memiliki peluang besar untuk lolos. Hingga menit-menit akhir laga, ‘Singo Edan’ unggul 2-1 setelah gol Makan Konate di menit ketiga dan Robert Lima Guimaraes (73′) hanya mampu dibalas satu gol Persib melalui penalti Ezechiel N’Douassel (45′).

Namun, lima menit jelang laga usai, Persib mampu menyamakan kedudukan melalui gol Ghozali Muharam Siregar. Skor 2-2 bertahan hingga laga usai dan memastikan Persib lolos ke perempat final.