Maju Mundur Warnai Piala Presiden 2019

KEPASTIAN jadwal Piala Presiden 2019 masih harus menunggu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru yang bakal dilakukan, Senin (18/2). Dalam RUPS itu, PSSI dan Klub-klub Liga 1 yang menjadi pemegang saham akan menentukan arah dan rencana PT LIB untuk setahun ke depan.

Demikian juga jadwal terkait pramusim dan kompetisi juga akan mulai didiskusikan dalam forum tersebut.

“Jadi agenda terdekat PSSI berkaitan dengan kompetisi ialah RUPS PT LIB pada 18 Februari. Banyak agenda yang akan dibahas di sana, termasuk yang sudah ditetapkan melalui kongres PSSI. Setelahnya kami baru akan membicarakan mengenai pramusim dan kompetisi selanjutnya,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Pernyataan Ratu itu kontras dengan ucapan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto. Sebelumnya, Iwan menegaskan bahwa turnamen pramusim Piala Presiden 2019 direncanakan digelar pada 2 Maret.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sam Bera menginggatkan PSSI dan PT LIB agar segera berkordinasi dengan mereka untuk penyelenggaraan turnamen pramusim dan kompetisi musim ini. Mantan perenang nasional itu menyebut PSSI dan PT LIB sering kali mengajukan rekomendasi di waktu-waktu mepet sehingga menyulitkan BOPI melakukan verifikasi.

BOPI menilai verifikasi dari pihaknya agar aturan-aturan keolahragaan dan aspek lain terjaga di ranah sepak bola. Ia mencontohkan kasus-kasus sebelumnya seperti klub sering kali mempekerjakan atlet asing dengan visa turis.

“Jangan mepetlah. Fungsi BOPI ini menjaga aturan nasional seperti keimigrasian, perpajakan, ketenagakerjaan dapat diawasi. Jangan sampai ada atlet datang memanfaatkan visa turis, tidak membayar pajak, dan mendapatkan penghasilan di sini. Maka kita coba koordinasi terus dengan berbagai pihak untuk jaga ini,” kata Richard.

Perihal potensi PSSI dan PT LIB tak mendengar keinginan BOPI, Richard pun enggan berandai-andai. Ia masih berpikir positif agar pergelaran berlevel nasional ini dapat berjalan dengan lancar.

Rekomendasi BOPI sendiri merupakan salah satu syarat untuk pengajuan izin keamanan dari pihak Kepolisian.

“Saya tidak ingin berandai-andai jika mereka nakal. Yang pasti kami dan PT LIB akan membicarakan ini dalam waktu dekat. Sebelum Jumat inilah,” imbuhnya.