Arema Vs Persib: Tamu Lebih Percaya Diri

Jika dilihat dari peluang lolos ke 8 besar Piala Indonesia 2018, Arema lebih diunggulkan ketimbang Persib Bandung karena leg kedua 16 besar bakal dihelat di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (22/2/2019).

Modal bermain imbang 1-1 di Bandung juga menguntungkan Arema karena hasil imbang 0-0 atau menang dengan selisih satu gol sudah cukup membuat Arema lolos.

Namun, jelang pertandingan, justru Persib lebih percaya diri. Tim besutan Miljan Radovic itu melihat peluangnya lolos justru lebih besar ketimbang Arema lantaran saat main di Malang, Hamka Hamzah dkk. justru punya beban karena main di hadapan Aremania.

“Kalau kami cetak satu gol lebih dulu, tentu beban ada di beban Arema karena butuh unggul satu gol untuk bisa lolos, ” kata Radovic.

Tak hanya itu, dia mengakui mental pemain Persib sekarang justru lebih bagus, sekali pun mereka tidak akan diperkuat tiga pemain senior, yakni Esteban Vizcarra, Supardi Nasir, dan Made Wirawan. 19 pemain yang dibawa punya kesiapan lebih bagus.

“Arema yang sekarang harus hati-hati dengan Persib karena kepercayaan diri dan mental sedang di puncak,” imbuhnya.

Radovic sangat percaya dengan lini depannya. Apalagi striker mereka, Ezechiel N’Douassel, sudah bergabung. Kini pekerjaan rumah mereka tinggal merapatkan pertahanan agar Arema kesulitan mencetak gol.

“Akan lebih bagus jika Arema tidak bisa mencetak gol. Tekanannya akan lebih tinggi untuk mereka,” imbuhnya.

Bisa jadi kepercayaan diri berlebih yang dimiliki Persib karena terpacu hasil imbang di kandang sendiri ketika leg pertama sehingga tim berjulukan Maung Bandung itu dituntut membayarnya dengan tiket lolos ke 8 besar Piala Indonesia.

Sementara kubu Arema justru kurang menebar psywar. Padahal, pelatih Milomir Seslija biasanya gemar berkomentar yang membuat telinga lawan panas. Melihat Persib percaya diri, Milo memilih lebih tenang.

“Kalau Persib percaya bisa mencetak gol dulu, tentu kami akan membalasnya, dan kami yakin bisa lolos,” ujarnya.

Jelang pertandingan, Arema diprediksi tidak bisa menurunkan komposisi lengkap. Striker Dedik Setiawan tengah cedera hamstring. Di sisi lain, lini tengah Arema lebih kuat mengingat gelandang asing Pavel Smolyachenko sudah kembali dari sakit tifus.

“Kami akan lihat kondisi terakhir Dedik. Tinggal menunggu rekomendasi dokter saja. Sedangkan di lini tengah, pilihan kami lebih banyak dengan kembalinya Pavel. Tapi, dia baru pulih mungkin bisa main 45 menit dulu,” jelas Milo.

Sedangkan dalam hal karakter permainan, mantan pelatih Madura United itu menginstruksikan Makan Konate cs. bermain disiplin dan tetap berupaya membobol gawang Persib sehingga Arema tak akan bermain aman.

“Melawan Persib di Bandung, kami punya tujuh peluang, dan hanya mencetak satu gol. Untuk masalah gol, itu seni yang harus dibuat pemain kami,” kata pelatih asal Bosnia tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain
Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Pavel Smolyachenko; Makan Konate (tengah); Sunarto, Robert Lima, Rivaldi Bawuo (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

Persib Bandung (4-3-3): M. Nathsir (kiper); Henhen Herdiyana, Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus (belakang); Kim Kurniawan, Hariono, Srdan Lopicic (tengah), Febri Haryiadi, Ezechiel N’Douassel, Ghozali Siregar (depan)

Pelatih: Miljan Radovic