Home United vs PSM Makassar: Tanpa Zulkifli Syukur

PSM Makassar akan menghadapi Home United di ajang AFC Cup 2019, di stadion Jalan Besar, Singapura, 27 Februari 2019 mendatang. Sayang, PSM dipastikan tampil tanpa sang kapten, Zulkifli Syukur.

Pemain asli Makassar itu absen lantaran masih menderita cedera otot oada kaki kanannya. Untuk proses penyembuhan, Zulkifli bahkan tengah menjalani program pemulihan cederanya di Jakarta. Dari diagnosa tim dokter, butuh waktu enam pekan agar kondisi Zulkifli benar-benar pulih.

Absennya Zulkifli jelas menjadi kehilangan besar. Maklum, meski sudah berusia 34 tahun, dia masih jadi pilihan utama di posisi bek kanan. Performa mantan penggawa Persib Bandung itu juga masih oke.

Musim lalu dia tampil dalam 22 laga bersama PSM di Liga 1. Dia mampu mencatatkan 4 assist, 60 intersep dan 66 sapuan.

Kemungkinan besar posisinya akan diisi oleh rekrutan anyar, Benny wahyudi. Karena itu, Zulkifli tetap tenang. Dia enggan memaksakan diri untuk segera kembali berlatih. Pemain kelahiran 3 Mei 1984 itu ingin benar-benar sembuh total.

Sebelum akhirnya kembali melakoni latihan dengan pelatih anyar asal Bosnia, Darije Kalezic. “Nanti saya gabung tim setelah laga lawan Home United di Singapura,” terangnya.

Kondisi itu juga memaksa Zulkifli tak mengikut training center (TC) yang dilakukan skuat PSM di Jogjakarta. Skuat Juku Eja sudah tiba di Jogja sejak Kamis (7/2) lalu. Mereka akan berada di Jogja selama dua pekan ke depan.

Nantinya mereka akan sekaligus mencari lawan tanding. Sebab, TC tersebut menjadi persiapan awal PSM sebelum bermain di ajang AFC Cup.

Dia ajang itu, selain Home United, PSM juga akan menghadapi Lao Toyota (Laos) dan Kaya FC (Filipina). Meski tanpa sang kapten, Kalezic tetap pede mampu membawa PSM melaju jauh.

“Saya selalu optimis. Tapi kami harus analisa dulu calon lawan. Saya kira PSM punya peluang untuk melakukan itu (lolos dari penyisihan grup),” kata pengganti Robert Rene Alberts itu.

Kalezic memang masih belum lama memimpin latihan skuat PSM Makassar. Dai baru bergabung pada Sabtu (2/2) lalu. Meski begitu, pelatih 49 tahun iti cukup terkesan dengan performa anak asuhnya.

“Tim ini bagus. Saya puas dengan semua orang dan semua hal yang ada di sini (PSM),” tambah Kalezic. (gus)