Persidago Vs Persebaya: Ujian Bajul Ijo Tanpa Pelatih Kepala

Persebaya Surabaya bertandang ke markas Persidago Gorontalo dalam leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion 23 Januari, Gorontalo, Selasa (19/2/2019).

Perbedaan kekuatan kedua tim jelas terlalu mencolok. Persebaya merupakan klub Liga 1 dan masuk 5 besar musim lalu. Sedangkan Persidago hanya kontestan Liga 3 dan punya catatan kurang apik di kompetisi itu.

Namun, Persidago telah menorehkan catatan gemilang yang mampu menarik perhatian publik. Klub berjulukan Laskar Menara itu menghentikan laju klub raksasa Persipura Jayapura di babak 32 besar.

Makanya, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman meminta anak asuhnya tidak meremehkan calon lawannya itu. Kegagaln Persipura harus menjadi pelajaran ketika menghadapi klub Liga 3.

“Kami tidak akan meremehkan Persidago dan itu sudah saya sampaikan pada pemain. Kalau meremehkan bisa jadi bumerang. Persidago sudah membuktikan itu,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Dalam lawatan ini, Persebaya tidak bisa menurunkan sejumlah pemain. Ruben Sanadi absen karena cedera. Lalu Otavio Dutra sedang di Jakarta karena mengurus administrasi.

Djanur juga absen menemai timnya di laga ini. Dia dijadwalkan akan mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro mulai 20 Februari 2019. Hansamu Yama dkk akan ditangani oleh asisten pelatih Bejo Sugiantoro di pertandingan.

“Seperti biasa coach Bejo yang akan menemani tim. Ini sudah biasa terjadi. Saya yakin pemain juga sudah dengan rencana strategi kami nanti,” imbuh pelatih asal Jawa Barat itu.

Ini merupakan untuk kali ketiga Djanur absen menemani Persebaya di Piala Indonesia. Sebelumnya, hal yang sama terjadi pada babak 128 besar dan 64. Saat itu, Djanur juga harus mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro.

Di sisi lain, pelatih Persidago, Romi Malanua menyebutkan timnya tampil tanpa beban. Keberhasilan menang atas Persipura menjadi motivasi buat anak asuhnya untuk bertanding lebih baik.

“Persebaya adalah tim besar dan ini kesempatan buat kami. Setelah mengalahkan Persipura, kami ingin memetik pelajaran lagi. Apalagi, mayoritas pemain kami masih muda,” ungkapnya.

Prediksi susunan pemain:

Persidago (4-2-3-1): Mario Londok (kiper); Firman Passi, Alfajrin Husni, Fahmid Polutu, Iqbal Pomou (belakang); Yuaib Rauf, Ismet Tahir; Matris Tanani, Try Panto, Ismunandar (tengah); Rian Bagoe (depan)

Pelatih: Romi Malanua

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Hansamu Yama, Novan Setya Sasongko (belakang); Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Manuchehr Jalilov (gelandang); Elisa Basna, Amido Balde, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman