Otavio Dutra Lakukan Pendekatan dengan Pemain Asing Anyar Persebaya

Bek Persebaya, Otavio Dutra, baru menjalani latihan pertama di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Kamis pagi (7/2/2019). Pemain asal Brasil itu mulai mendekati beberapa pemain anyar Persebaya yang baru dikenalnya.

Dua di antaranya adalah pemain asing yang baru direkrut Persebaya dalam beberapa hari terakhir. Mereka adalah Amido Balde (striker/Guinea-Bissau) dan Manuchekhr Dzhalilov (gelandang/Tajikistan).

Seperti Balde misalnya, kebetulan Dutra memiki bahasa ibu yang sama dengannya, yaitu Bahasa Portugis. Brasil dan Guinea-Bissau merupakan negara bekas jajahan Portugal. Kesamaan ini membuat mereka mudah berkomunikasi.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Amido. Kebetulan, bahasa kami sama, Bahasa Portugis. Setelah lihat video dia main, saya menilai dia pemain bagus. Dia pernah bermain di beberapa klub besar,” kata Dutra.

Seperti diketahaui, Balde merupakan pemain yang pernah berkarier dengan raksasa Skotlandia, Celtic FC. Di klub itu dia bisa merasakan gelar juara liga domestik dan tampil di Liga Champions. Ini menjadi petualangan pertama striker 27 tahun itu di Indonesia.

Sedangkan Dzhalilov merupakan pemain yang sudah pernah merasakan kompetisi Indonesia. Musim lalu, gelandang yang meraih gelar pemain terbaik Piala AFC 2017 itu bergabung dengan Sriwijaya FC.

Tetapi, Dutra malah belum pernah menghadapi Dzhalilov. Musim lalu, Persebaya tiga kali berjumpa dengan Sriwijaya, sekali di Piala Gubernur Kaltim 2018 dan dua kali di Liga 1 2018. Dalam semua laga itu, kebetulan Dutra absen karena cedera.

“Manu (Dzhalilov) pernah main di Sriwijaya dan saya sudah tahu dia pemain yang berkualitas. Dia juga pernah jadi pemain terbaik di Asia. Saya belum pernah main melawan dia, tapi saya sering lihat dia main,” imbuh pemain berusia 35 tahun itu.

Di sisi lain, Dutra sudah malang melintang di sepak bola Indonesia sejak datang pada 2010. Saat itu, dia langsung bergabung dengan Persebaya dan kini menjadi satu di antara pemain senior di klub berjulukan Bajul Ijo itu.

Selain dua pemain asing, Persebaya juga kedatangan lima pemain lokal baru, yakni Imam Arief Fadillah (Persib Bandung), Novan Setya Sasongko (Bali United), Hansamu Yama (Barito Putera), Elisa Basna (Persipura), dan Alwi Slamat (PSMS Medan).

Menurut Dutra, kehadiran sejumlah pemain baru itu akan semakin menambah kekuatan Persebaya musim ini. “Saya senang dengan kedatangan mereka. Saya harap semua pemain, termasuk lokal, bisa banyak membantu tim,” ucapnya.