Ini Strategi PSSI untuk Mencari Calon Penggawa Timnas U-16

Pencarian bibit-bibit muda untuk Timnas U-16 Indonesia saat ini tengah dilakukan oleh PSSI. Ada beberapa strategi yang telah disiapkan untuk memantau para pemain yang layak masuk skuat Garuda Asia.

Di bulan Februari ini, PSSI akan membuat Festival Sepak Bola Filosofi Indonesia atau Filanesia. Kompetisi Filanesia ini adalah sebagai persiapan PSSI untuk menggelar kompetisi kelompok usia muda di tingkat elit. Diharapkan Festival Filanesia mampu memunculkan generasi pemain yang berkualitas dan proses pengembangan pemain usai muda lewat event tersebut.

Selain itu ada kompetisi Pro Elite Academy U-16, yang akan mempertandingkan 18 tim peserta dari masing-masing tim Liga 1.

Kedua kompetisi, FIlanesia dan ro Elite Academy U-16 adalah strategi dari PSSI untuk menemukan calon penggawa yang akan memperkuat timnas U-16.

Hal ini juga diakui oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang mengatakan bahwa dengan adanya kompetisi tersebut nantinya para pelatih klub atau Timnas Indonesia terbantu untuk mencari pemain yang diinginkan.

“Timnas U-16 tahun ini akan terbentuk dari kompetisi dan tidak bakal dibentuk jika tidak lewat kompetisi,” kata Tisha dikutip dari Medcom.id

Kompetisi tersebut juga nantinya sebagai ajang pemanasan para punggawa Timnas U-16 yang dijadwalkan akan menjalani turnamen Piala AFF U-15 di Thailand pada Juli mendatang.