Belanja ‘Gila’ Madura United Telan Rp25 Miliar

Belanja “gila” yang dilakukan Madura United (MU) musim ini benar-benar membuat geleng-geleng kepala. Bayangkan, sebelas pemain berlabel Timnas didatangkan. Belum termasuk pemain asing papan atas. Berapa sebenarnya anggaran belanja pemain MU?

Meski awalnya sempat tertutup, manajemen MU akhirnya buka suara terkait anggaran belanja pemain. Total anggaran khusus belanja 25 pemain yang sekarang sudah bergabung mencapai Rp25 miliar.

“Kurang lebih sekitar itu,” ujar Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), Ziaul Haq.

Misi bersaing di jalur juara Liga 1, tampak sejalan dengan upaya keras Madura United itu dalam membangun kekuatan. Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu bahkan sudah memplot anggaran fantastis hingga puluhan miliar demi mencapai target itu.

Kabarnya, dana melimpah yang dikucurkan pihak manajemen Madura United mencapai Rp50 miliar. Dana sebanyak itu merupakan anggaran keseluruhan dalam operasional tim, sehingga urusan kontrak pemain bisa menembus setengahnya.

“Tidak sampai segitu (Rp50 miliar). Tapi kurang lebih sekitar itu (Rp25 miliar),” kata Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB), ZiaulHaq.

Namun, anggaran sebesar itu dibuat dengan perhitungan matang dan nilai kontrak pemain realistis. “Sudah sejalan dengan apa yang menjadi visi dan misi Madura United. Kekuatan tim ini sebenarnya tidak banyak berubah, ” ucapnya.

Jika dilihat nama-nama pemain MU musim, kisaran angka Rp25 miliar sebenarnya tidak tinggi dengan jumlah 25 sampai 30 pemain musim ini. Sebut saja Andik Vermansah yang konon di bursa transfermarkt.co.id masih dibanderol kisaran lebih Rp1 miliar per musim.

Belum lagi nama bintang baru lainnya. Mulai Muhammad Ridho (Borneo FC), Zulfiandi, Markho Merauje, Fandry Imbiri, Alberto Goncalves (Sriwijaya FC) dan terakhir pemain muda Timnas, Syahrial Ambimanyu yang dihadirkan di Madura.

Sedangkan pada posisi pemain asing, MU mendatangkan kembali Dane Milovanonic (Australia), Jaimerson Xavier (Persija Jakarta), dan Aleksandar Rakic, striker PS TIRA asal Serbia berstatus top scorer Liga 1 musim lalu. (ase)