Simon McMenemy Bicara Pemain Naturalisasi di Indonesia dan Sandy Walsh

Pelatih baru timnas Indonesia, Simon McMenemy, bicara soal potensi menggunakan pemain naturalisasi dalam tim yang akan dipimpinnya.

Pemain naturalisasi sudah identik dengan timnas Indonesia sejak kemunculan Cristian Gonzales, yang melakukan sensasi pada Piala AFF 2010.

Setelahnya, timnas Indonesia banyak dihiasi pemain-pemain naturalisasi seperti Jhon van Beukering, Ruben Wuarbanaran, atau Stefano Lilipaly.

Pemain kelahiran Belgia yang bermain untuk Zulte Waregem di Belgian First Division A atau Liga Utama Belgia, yakni Sandy Walsh, jadi nama teranyar yang dihubung-hubungkan dengan timnas Indonesia.

Simon McMenemy pun angkat bicara soal penggunaan pemain naturalisasi serta efek-efek negatifnya disertai perbandingan dengan timnas Filipina.

“Kalau terlalu banyak pemain naturalisasi, rasanya itu bukan timnas Indonesia. Hal seperti ini menjadi sedikit masalah buat timnas Filipina terkait hubungan mereka terhadap suporternya,” kata Simon McMenemy kepada wartawan, Kamis (24/1/2019).

“Mereka merasa tim mereka kurang rasa Filipina-nya. Ada banyak juga di media sosial saya yang mendiskusikan soal Sandy Walsh, setiap hari saya mendapat pertanyaan soal Sandy Walsh,” ujarnya seraya tertawa.

Pelatih asal Skotlandia itu tak menutup peluang pemanggilan pemain naturalisasi.

Namun, dia memilih untuk menentukan pemain terbaik yang bisa dipanggilnya.

Hal itu karena sebagai pelatih timnas Indonesia, dia merasa bertanggung jawab untuk memilih pemain-pemain terbaik dari pelosok negeri, termasuk pemain naturalisasi.

“Sebagai pelatih, saya wajib untuk menyadari keberadaan semua pemain (di mana pun). Saya mengikuti Sandy Walsh dan juga banyak pemain Indonesia lainnya karena itu tugas saya untuk memantau mereka,” tutur Simon.

“Saya harus membangun tim yang bisa dibanggakan dan itu tergantung saya. Di mata saya, dia (Sandy Walsh) pemain yang bagus, tapi banyak pemain bagus yang punya kesempatan untuk dinaturalisasi.”

“Saya pikir dia akan sangat senang untuk datang ke Indonesia, dan sangat senang untuk bergabung dengan timnas Indonesia,” ucap eks pelatih timnas Filipina itu.