Liga 2 2019 Baru Digelar Bulan Juni

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah menyiapkan jadwal kompetisi musim ini. Sama seperti diinformasikan ketika kongres tahunan PSSI di Bali, bahwa Liga 1 2019 akan dimulai Mei.

Sementara untuk Liga 2, yang merupakan kompetisi kasta kedua, kemungkinan besar baru dilaksanakan pada Juni. Hal itu disampaikan Tigor Shalomboboy, chief operating officer (COO) LIB.

Persija Jakarta yang merupakan juara Liga 1 2018 bakal mengawali kick-off musim ini. Hal tersebut umum dilakukan tiap tahunnya, juara bertahan selalu mendapat kehormatan membuka kompetisi.

“Jadwal Liga 1 2019 sudah kami buat. Untuk laga pembuka, sudah pasti Persija Jakarta karena mereka juara bertahan, untuk lawan belum bisa kami sebutkan saat ini,” beber Tigor kepada media.

Sebelumnya diinformasikan bahwa Liga 1 akan dimulai paling cepat 1 Mei, dan paling telat 8 Mei. Sementara Liga 2 tak bisa digelar Mei karena bulan Ramadan, dan stadion Liga 2 tak seluruhnya memadai.

“Yang jelas untuk kick-off Liga 1 2019 tidak mungkin tanggal 1 Mei karena ada Hari Buruh. Idealnya mungkin 8 Mei 2019. Kalau Liga 2 baru digelar Juni [setelah Hari Raya Idulfitri],” pungkas Tigor.

Ada kemungkinan bahwa yang bakal menjadi lawan Persija nanti merupakan juara Piala Presiden 2019. Hal itu dilakukan pada 2018, Bhayangkara FC sebagai juara bertahan Liga 1, melawan Persija yang juara Piala Presiden 2018.