Izinkan Persib Berlaga, Polres Bandung Siapkan Keamanan Berlipat

Pihak Polres Bandung menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait laga Persib kontra Persiwa bersama elemen terkait. Izin keramaian bagi laga yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat pun telah diterbitkan.

Baca juga: Kondisi Fisik Meningkat, Malisic Siap Tempur Bantu Persib
Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan yang memimpin rakor pun menyatakan laga bisa digelar sesuai jadwal. Namun ada catatan penting bahwa pertandingan ini akan diamankan dengan personel yang jumlahnya tergolong banyak.

“Hasil dari rakor PAM hari ini informasi dari pak Bram panpel, pertandingan lawan Persiwa di SJH hari Senin kick off pukul 3 sore. Personel yang dilibatkan itu TNI, Polri dan stakeholder Pemda sekitar 2540 orang,” ujar dia ketika diwawancara.

Memang masih ada kekhawatiran dari pihak keamanan karena pada musim lalu terjadi insiden kekerasan Bobotoh di area stadion. Untuk itu kewaspadaan dari kepolisian pada laga ini terbilang lebih ketat dari sebelumnya.

Selain itu dia pun sudah berkoordinasi dengan para perwakilan Bobotoh. Diharapkan ada sosialisasi pada sesama suporter agar saling menjaga ketertiban. Termasuk untuk tidak mudah terbawa provokasi yang bisa mengganggu kondusivitas.

“Kami sudah sepakat semuanya ikut menjaga keamanan, dan tidak hanya kami, tapi dari rekan-rekan Bobotoh juga semuanya harus mengamankan kegiatan ini supaya berjalan lancar,” lanjutnya.

“Barang-barang yang berbahaya seperti sajam, benda keras sama flare termasuk air botol mineral itu tidak boleh dibawa. Mari kita tertib saat berangkat dan pulang dan taati lalu lintas,” ujarnya.

Indra pun sudah memantau kondisi dari stadion baik itu sarana stadion maupun lapangan. Menurutnya semua dalam kondisi layak untuk digunakan. “Secara teknis rumput dan lampu oke. Tak ada masalah,” pungkasnya.