Ada Andil Pemain Naturalisasi di Balik Gabungnya Jan Lammers ke Borneo

Klub sepak bola Indonesia, Borneo FC mewarnai bursa transfer Liga 1 2019 dengan mendatangkan bek asing asal Belanda, Jan Lammers yang resmi diperkenalkan pada Jumat (01/02/19) kemarin.

Jan Lammers merupakan pesepakbola 23 tahun yang sebelumnya membela RKC Waalwijk di Liga Belanda. RKC Waalwijk sendiri merupakan tim yang saat ini menaungi penyerang naturalisasi Indonesia, Ezra Walian.

Lammers sendiri membenarkan jika kepindahannya ke Borneo FC di Liga Indonesia tak lepas dari peran Ezra Walian. Ezra berperan besar dalam masa pertimbangan dan pengambilan keputusan bagi Lammers, yang kemudian memutuskan untuk berlabuh ke Borneo FC.

Lammers juga bersemangat saat tiba di Indonesia dan menemukan budaya yang berbeda dari Belanda, khususnya penggunaan bahasa yang tidak familiar. Meski demikian, pemain dengan tinggi 191 cm tersebut mengaku bersemangat untuk belajar bahasa Indonesia.

“Pasti, saya pasti akan segera belajar bahasa Indonesia, nanti saya belajar dengan Diego (Michiels), agar saya mudah berkomunikasi dengan teman di sini,” papar Lammers saat sesi perkenalan pemain anyar Borneo FC, Jumat (01/02/19) kemarin.

Nama Diego Michiels tentu sudah tak asing bagi publik Tanah Air, lantaran pemain naturalisasi asal Belanda tersebut pernah membela Timnas Indonesia di musim 2011-2013. Saat ini Diego Michiels masih berseragam Borneo FC untuk Liga 1 2019.