Indra Sjafri Jelaskan Model Permainan Timnas Indonesia U-22

Pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, menjelaskan filosofi permainan yang ia terapkan kepada skuatnya. Dulu, Indra menerapkan gaya permainan pendek-pendek-panjang, atau PePePa.

Tak jauh berbeda dengan dulu, kini Indra mengutamakan penguasaan bola untuk timnya. Eks arsitek Bali United itu juga memastikan tak ada lini tertentu yang menjadi kunci permainannya.

“Game model kami tidak tergantung satu pemain. Saya menganut filosofi sepakbola menyerang dengan passing game. Yang kedua, saya menganut sepakbola yang possesion yang progresif,” urai Indra

“Terus perkembangannya, bukan berarti saya tidak boleh bermain dengan counter attack, tetapi filosofinya, ciri-ciri khasnya, yaitu selalu menguasai, karena secara psikis kalau bola dipegang sama lawan, kami akan capek,” imbuhnya.

Indra kemudian menjelaskan bahwa penguasaan bola tinggi masih kurang diikuti dengan efisiensi, hal itu berkaca dari laga timnas U-19 kontra Jepang, pada Piala Asia 2018 lalu.

“Tetapi kalau bola sama kami, kadang-kadang ada pertanyaan 65 persen penguasaan namun kalah 2-0 dari Jepang, itu masalah efektivitas. Kemarin jika 65 persen kami tidak menguasai bola, mungkin akan kalah lebih banyak dari itu. Pertahanan yang bagus adalah menyerang, menguasai bola.”