Proses Naturalisasi Segera Rampung, Fabiano Tetap di Madura United

Fabiano Beltrame sempat diisukan bakal meninggalkan Madura United. Persib Bandung menjadi tim yang santer dikaitkan dengan pemain 36 tahun itu. Tapi, manajemen Laskar Sappe Kerrab memastikan Fabiano tak akan kemana-mana musim ini.

“Kan saya sudah bilang, Fabiano akan tetap jadi bagian dari Madura United,” kata Haruna Soemitro, manajer Masura United.

Hal itu tak lepas dari peran manajemen Madura United dalam proses naturalisasi bek asal Brasil itu. Saat ini Fabiano memang tengah mengurus proses naturalisasi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Haruna menjelaskan, proses naturalisasi Fabiano memang hampir rampung. Saat ini Fabiano juga tengah ada di Jakarta untuk menuntaskan proses itu.

“Dia (Fabiano) di Jakarta untuk menyetorkan paspornya ke Kemenkumham,” tambah mantan Ketua Umum Asprov PSSI Jatim itu. Hal itu pula yang membuat Fabiano absen saat Madura United menang 2-0 atas Cilegon United di babak 32 besar Piala Indonesia (30/1).

Haruna yakin proses naturalisasi mantan penggawa Persela Lamongan itu bisa tuntas dalam waktu dekat. Sehingga kuota pemain asing Madura United tak akan melebihi batas. Selain Fabiano, Madura United memang sudah punya empat pemain asing. Mereka adalah Aleksandar Rakic (Serbia), Zah Rahan (Liberia), Dane Milovanovic (Australia), dan Jaimerson Xavier (Brasil).

Itu artinya, proses naturalisasi Fabiano harus rampung sebelum kompetisi dimulai. Sebab, mengacu pada regulasi musim lalu, setiap tim Liga 1 hanya dibatasi memiliki empat pemain asing. Meski begitu Haruna tetap optimistis.

“Insya Allah tak lama lagi kami (Madura United) punya pemain lokal namanya Fabiano,” tutur Haruna.

Meski baru saja mendaratkan Fandry Imbiri dan Jaimerson, tapi kehadiran Fabiano masih dibutuhkan. Terlebih, meski sudah memasuki usia 36 tahun, performa Fabiano masih oke. Musim lalu, dia tampil dalam 31 laga, mencatatkan 60 intersep dan 157 sapuan. Bahkan, meski berposisi sebagai bek tengah, dia mampu menjadi top skorer klub dengan torehan 9 gol.

“Madura (United) menilai keberadaan Fabiano penting sebagai pemain lokal,” imbuh Haruna. Dengan begitu, musim ini Madura United akan memiliki tiga pemain naturalisasi. Selain Fabiano, sebelumnya sudah ada Greg Nwokolo dan Alberto ‘Beto’ Goncalves yang sudah lebih dulu menyandang predikat WNI.