Gabung Persebaya, Pemain Terbaik AFC 2017 Disorot Federasi Sepak Bola Tajikistan

Klub Liga 1 2019 Persebaya Surabaya secara resmi mengumumkan telah mendapatkan tanda tangan mantan pemain Sriwijaya FC, Manuchekhr Dzhalilov.

Diumumkan secara resmi lewat halaman media sosialnya Rabu (06/02/19), kabar merapatnya pemain 28 tahun itu juga sampai menjadi sorotan di negara asalnya Tajikistan.

Sorotan itu datangnya dari Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT). Lewat unggahan di instagram FFT juga turut mengumumkan kepindahan pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang dan juga penyerang itu.

“Striker 28 tahun dari tim nasional Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov akan melanjutkan kariernya di klub Indonesia, Persebaya.” 

“Pesepak bola Tajikistan itu pada malam hari secara resmi menjadi pemain klub Persebaya, yang menghuni peringkat kelima di Liga Indonesia musim lalu. Musim lalu, penyerang tim nasional Tajikistan itu bermain dalam 30 pertandingan di Sriwijaya FC dan mencetak 8 gol,” tulis Federasi Sepak Bola Tajikistan lewat akun instagram @fft_official.

Disorotnya kedatangan Dzhalilov ke Persebaya Surabaya tak lepas dari statusnya sebagai pesepak bola yang masih aktif memperkuat Timnas Tajikistan. 

Termasuk juga catatan gemilangnya di level klub kala membela Istiklol hingga menjadi pemain terbaik Piala AFC 2017 lalu.

“Sebelumnya, Manuchekhr Dzhalilov bermain untuk Istiklol. Dengan prestasi bisa tiga kali meraih gelar juara Liga Tajikistan dan dua kali mencapai final Piala AFC. Pada 2017, ia juga berhak atas penghargaan pemain terbaik Piala AFC.”

“Dzhalilov telah bermain untuk tim nasional Tajikistan sejak 2015. Dirinya mencatatkan 20 pertandingan dan 15 kali berhasil mencetak gol,” tulis FFT.