Berlatih di Klub Spanyol, Ini Harapan Osvaldo Haay

Pemain sayap Persebaya, Osvaldo Haay tak lama lagi akan berangkat ke Spanyol. Dia mendapat undangan dari CD Numancia, klub Segunda Division, kasta kedua Liga Spanyol.

Osvaldo akan menjalani latihan selama dua pekan sekaligus menonton pertandingan. Pemain berusia 21 tahun itu tidak ingin menyianyiakan kesempatan tersebut untuk menambah pengalaman.

“Awalnya saya dapat undangan dari Presiden CD Numancia. Itu klub Segunda. Ini akan jadi pertama kali saya ke Eropa. Saya senang sekali mendapat kesempatan ini,” kata Osvaldo saat ditemui Bola.com di kantor marketing Persebaya, Sutos, Surabaya, Kamis sore (31/1/2019).

Agenda yang akan dijalani oleh Osvaldo ini bukanlah trial untuk bisa menembus skuat Numancia. Dia hanya diundang untuk ikut berlatih dan menonton pertandingan klub berjulukan Numantilos itu.

“Itu latihan dan nonton pertandingan di sana. Ini menambah pengalaman buat saya dan bermanfaatkan untuk Persebaya. Rencananya nanti dua minggu di sana. Kemungkinan tanggal 2 Februari,” imbuhnya.

Sebenarnya, Osvaldo masih memiliki agenda pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22 pada Februari. Dia akan tampil bersama skuat arahan Indra Sjafri itu dalam Piala AFF U-22 di Kamboja mulai 17 Februari 2019.

“Saya sudah izin pada Timnas Indonesia U-22 dan mereka mau memberikan izin. Mereka sangat mendukung. Persebaya juga berusaha mendukung saya,” ucap peraih gelar Best Young Player Liga 1 2018 tersebut.

Saat ditemui Bola.com, Osvaldo ditemani oleh sang ayah, Sebastian Haay, yang sedang berkunjung ke Surabaya. Sebastian tak bisa menghilangkan kebahagian melihat anak ketiganya itu bisa mencatatkan prestasi.

“Sebagai ayah, saya tentu sangat bangga melihat anaknya bisa mencapai itu. Setelah kembali ke timnas, dia mendapat kesempatan ke Eropa. Saya selalu mendoakan dia yang terbaik,” ucapnya.

CD Numancia adalah klub yang selama beberapa musim berada di kasta kedua Spanyol. Pada musim 2017-2018, mereka sempat berkesempatan promosi ke kasta tertinggi Spanyol, La Liga, setelah finis peringkat keenam.

Untuk mencapainya, Numancia harus melewati babak play-off dan partai final. Sayangnya, mereka kalah agregat 1-4 dari Real Valladolid yang kemudian bersama Huesca dan Rayo Vallecano tampil di La Liga 2018-2019.