Bima Sakti Jelaskan Perbedaan Program PSSI Primavera dengan Garuda Select

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan Garuda Select adalah program PSSI yang berkesinambungan membentuk bakat-bakat belia sepak bola Tanah Air. Bima menganggap faktor itulah yang membedakan Garuda Select dengan Primavera.

Pada 1993-1995, PSSI meluncurkan Primavera untuk membina talenta muda Indonesia di Sampdoria, Italia. Itu dianggap sebagai salah satu program terbaik yang dilakukan PSSI.

PSSI saat ini kembali meluncurkan program dengan konsep serupa, yakni Garuda Select. Sebanyak 25 pemain dari Elite Academy Pro Liga 1 U-16 terpilih menimba ilmu di Inggris, sejak Januari 2019.

PSSI kemudian menunjuk Bima untuk mendampingi tim ini. Pelatih asal Balikpapan itu rencananya terbang ke Inggris untuk bergabung dengan para pemainnya, Kamis (31/1/2019).

“Saya pikir ini adalah hal baru bagi kita untuk membentuk tim yang solid. Semoga nanti banyak hal-hal baru yang mereka dapat. Mungkin ini hampir sama dengan program sebelumnya, ketika Primavera. Namun, bedanya dulu kami hanya kompetisi,” kata Bima.

“Begitu pulang ke klub, banyak yang tidak berlanjut karena mungkin di posisi yang tidak tepat. Misalnya, mereka masih di usia 16-17 tahun jadi jarang mendapat tempat di tim. Namun, ini lain. Mereka akan mendapat ilmu dari sana dan akan mengiplementasikannya di klub junior yang memiliki liga tersendiri,” ujar Bima.

Garuda Selection merupakan kelanjutan dari program Elite Academy Pro. PSSI mengklaim ingin memberikan kesempatan kepada para pemain dan pelatih untuk memiliki pengalaman berlatih dan bertanding di luar negeri.

“Semoga program ini bisa menjadi modal kuat PSSI untuk mengejar ketertinggalan dari negara maju,” ujar Sekertaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.