Persija Hadapi Home United Selasa, Ivan Kolev Optimistis

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, meminta timnya dan publik tetap berpikir positif menjelang laga kualifikasi Liga Champions Asia menghadapi Home United di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Selasa, 5 Februari 2019.

Kolev menegaskan kenangan buruk kekalahan yang diderita dalam dua partai semifinal Piala AFC zona ASEAN 2018 lalu menghadapi lawan yang sama, tidak akan membayangi Ismed Sofyan dkk saat bertandang ke Home United.

“Sekali lagi kita harus berpikir positif, kami memiliki skuat yang bagus,” kata Kolev dalam konferensi pers jelang pertandingan di Singapura, sebagaimana termuat dalam rilis Persija, Senin. “Saya yakin saat kami bermain bagus, hasilnya tentu akan bagus.”

Kolev juga menegaskan bahwa Macan Kemayoran yang saat ini sudah berada di Singapura bukanlah Persija yang sama dengan yang menelan kekalahan tahun lalu. “Pastinya berbeda. Ini tim baru, banyak pemain baru, organisasi permainan baru. Tentunya berbeda sekal dan ini juga pertandingan yang berbeda,” ujar mantan pelatih tim nasional Indonesia itu.

“Saya pikir akan jauh berbeda dibandingkan tahun lalu,” kata Kolev menambahkan.

Meski menyuarakan optimisme, Kolev tak mau menganggap enteng pertandingan yang bakal memperlebar peluang Persija lolos ke putaran final Liga Champions Asia tersebut.

Menurut Kolev, pertandingan akan berjalan sulit namun meyakini para pemain bakal memberikan kemampuan yang terbaiknya di atas lapangan. “Tentunya laga esok bukan laga yang mudah bagi kami. Tapi pemain akan memberikan yang terbaik di lapangan besok agar bisa memenangkan pertandingan,” kata Kolev.

Persija dipastikan bakal diperkuat bek Ryuji Utomo dalam laga tersebut setelah status sertifikat transfer internasional (ITC) miliknya sudah disahkan.

Kendati demikian, Persija kemungkinan tak bisa menurunkan bek Jaimerson da Silva lantaran musim lalu ia sempat menerima kartu merah dalam laga semifinal Piala AFC zona ASEAN menghadapi Home United.

Jaimerson merupakan satu dari tiga nama yang dipinjam Persija dari Madura United, bersama Alberto “Beto” Goncalvez serta Rishadi Fauzi untuk memperkuat Macan Kemayoran di kualifikasi Liga Champions Asia.

Ketiga nama itu didatangkan lantaran trio rekrutan anyar Persija, yakni Vinicius Lopez, Jakhongir Abdumuminov dan Bruno Matos terganjal keabsahan ITC.

Jika berhasil mengalahkan Home United, Persija bakal melaju ke babak kualifikasi kedua menghadapi wakil Australia, Newcastle Jets.