Jersey Anyar Persija Jakarta Berwarna Kuning, Apa Filosofinya?

Baru-baru ini beredar gambar di media sosial yang memperlihatkan jersey baru yang akan digunakan Persija Jakarta pada kompetisi internasional.

Jersey anyar Persija Jakarta itu bakal digunakan saat melawan Home United pada babak play off Liga Champions Asia 2019 di Stadion Jalan Besar, Kalang, Singapura, Selasa (5/2/2019).

Dalam kabar yang beredar, ada dua warna jersey Persija Jakarta untuk pemain selain penjaga gawang, yakni merah dan kuning.

Sejak musim kompetisi 2016, Persija Jakarta memang sudah akrab menggunakan jersey warna merah sebagai identitas seragam mereka saat bertanding di kandang.

Sedangkan untuk kuning patut menjadi pertanyaan filosofi apa yang membuat manajemen Persija Jakarta mempergunakan warna tersebut.

Jersey kuning kemungkinan besar menjadi pakaian away atau tandang bagi Persija Jakarta untuk musim depan.

Pada musim 2018, Persija Jakarta memilih jersey berwarna putih saat tampil di Piala AFC 2018.

Menanggapi hal tersebut, COO Persija Jakarta, Rafil Perdana, angkat bicara.

Saat dihubungi BolaSport.com, Sabtu (2/2/2019), Rafil Perdana mengatakan jersey tersebut hanya dipergunakan untuk kualifikasi Liga Champions Asia 2019 dan Piala AFC 2019.

“Itu hanya untuk preseason di kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC,” kata Rafil Perdana.

“Dari Specs (apparel jersey Persija Jakarta) template yang tersedia hanya itu,” ucap Rafil Perdana menambahkan.

Rafil Perdana mengakui tidak terlalu mengetahui filosofi apa yang membuat manajemen Persija Jakarta memilih warna kuning untuk pakaian tandang.

Ia menyarankan untuk menanyakan kabar tersebut kepada Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

BolaSport.com sudah menghubungi Gede Widiade melalui aplikasi pesan online. Akan tetapi pria asal Surabaya, Jawa Timur, tersebut tidak membalas pesan.

Rafil Perdana juga menjelaskan pada musim 2018, Persija Jakarta menggunakan jersey berwarna merah dan hitam saat preseason.

Jersey merah untuk kandang, sedangkan jersey hitam dipakai saat pertandingan tandang.

“Tahun lalu kami juga preseason pakai warna merah dan hitam, tetapi ketika launching resmi kami menggunakan jersey merah, putih, dan orange,” kata Rafil Perdana.

“Sekali lagi menurut saya mungkin karena template yang tersedia di Specs hanya itu. Karena pada tahun lalu Specs juga kasih ke kami template yang ada di stock mereka untuk preseason,” jelas Rafil Perdana menambahkan.

Ia juga mengatakan bisa saja pada Liga 1 2019 Persija Jakarta tidak menggunakan jersey berwarna kuning yang gambarnya sudah beredar di media sosial.

Persija Jakarta juga berencana untuk melakukan launching tim dan jersey pada April 2019 atau sebelum kick off Liga 1 2019 digelar.

“Kami berencana untuk launching pada April 2019 untuk jersey resmi,” ucap Rafil Perdana.

Perlu diketahui bersama, kuning menjadi warna pertama bagi Persija Jakarta sejak berkiprah di persepakbolaan Indonesia untuk pemain, bukan penjaga gawang.

Sejauh ini, sudah ada beberapa warna yang dipergunakan Persija Jakarta selain kuning, yakni merah, putih, hitam, abu-abu, dan orange.