Anggota Exco PSSI Minta Berlinton Bereskan Utang PT LIB

Anggota komite eksekutif (exco) PSSI Yoyok Sukawi keberatan dengan pengunduran diri Berlinton Siahaan sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) karena utang yang belum beres.

Kabar pengunduran diri Berlinton disebutkan anggota exco PSSI lainnya, Gusti Randa, pada akhir Januari 2019.

“Pak Berlinton harus mempertanggungjawabkan dulu semuanya dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Utang LIB ke klub masih banyak,” ujar Yoyok dikutip dari Antara.

“Kalau sudah bertanggung jawab, mau mundur atau mau liburan juga, ya silakan,” sambung pria yang juga merupakan CEO PSIS Semarang itu.

Senada dengan Yoyok, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha juga menegaskan direktur utama PT LIB baru dapat diketahui setelah RUPS.

“Karena sifatnya PT, pengunduran diri direktur utama harus disampaikan melalui RUPS,” tutur Ratu Tisha.

PT LIB memang masih menunggak sisa subsidi yang harus dibayarkan untuk klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2018. Untuk Liga 1, besaran tunggakan LIB di atas Rp2 miliar per klub dari total komitmen Rp7,5 miliar bagi setiap tim per musim.

Manajer tim peringkat ketiga Liga 1 2018 Bhayangkara FC AKBP Sumardji mengakui pihaknya belum menerima sisa subsidi sebesar Rp2,03 miliar.

Terkait kabar mundurnya Berlinton, Exco PSSI pernah mengemukakan operator kompetisi musim depan belum bisa dipastikan. Namun kemudian PT LIB disebut tetap akan menjalankan roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada musim mendatang.

RUPS PT LIB rencananya akan berlangsung pada 18 Februari di Jakarta yang akan membahas evaluasi dan pertanggungjawaban dari kompetisi 2018 selain juga membahas regulasi musim kompetisi yang akan datang (ANTARA/nva)