Wapres : Erick Thohir Kandidat Ketum PSSI Paling Tepat

WAKIL Presiden Jusuf Kalla menilai sosok Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus berpengalaman di sepakbola. Kalla menjagokan mantan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Erick Thohir.

Kalla terkenal aktif di sepakbola. Ia pernah menjabat sebagai manajer di PSM Makassar puluhan tahun lalu.

Awalnya, mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengaku tak terlalu tahu sosok berpengalaman di sepakbola. Pada 40 tahun lalu, ia mungkin dengan mudah menyebutkan kandidat tepat karena sering bertemu dengan pengurus PSSI dan pemilik klub.

“Sekarang banyak generasi muda yang baik, mungkin yang punya pengalaman bola internasional Erick (Thohir), Erick lagi, Erick lagi,” kata Kalla sembari tertawa di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, hari ini.

Erick memiliki pengalaman karena memiliki saham di beberapa klub besar di Indonesia, Eropa, dan Amerika. Erick juga dinilai memiliki kepemimpinan kuat dan tak memiliki kepentingan ekonomi.

Tapi, kata Kalla, keputusan pemilihan ketua umum ada di tangan pengurus PSSI. Namun, Kalla menegaskan, Erick adalah kandidat paling sesuai saat ini.

Apalagi, PSSI saat ini bisa dibilang memble. Bahkan, tim nasional Indonesia harus puas berhenti di babak penyisihan Piala Asia. Kalla menilai butuh sosok berpengalaman dan kepemimpinan kuat untuk menakhodai PSSI.

“Ya (Erick) yang memenuhi kriteria. Tapi tergantung pada masyarakat bola, PSSI yang punya hak suara,” pungkas Kalla.

Edy Rahmayadi mundur dari kursi Ketua Umum PSSI. Beberapa tokoh telah menyatakan ketertarikan mengisi kekosongan itu. Seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. (Medcom.id/OL-4)