Gaji Wasit di Liga 1 Salah Satu Tertinggi di Asia

Gaji wasit di Liga 1 diakui salah satu paling tinggi di Asia. Bahkan, gaji wasit di Indonesia lebih tinggi dibanding kompetisi Thailand maupun Malaysia.

Wasit boleh dibilang menjadi kunci dalam kasus pengaturan skor. Dua unsur dari wasit memang belakangan terseret dalam kasus pengaturan skor. Pertama, wasit Nurul Safarid diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian karena terbukti menerima suap dalam kasus Persibara Banjarnegara.

Kemudian beberapa hari lalu, staf penugasan wasit PSSI, Mansyur Lestaluhu juga terseret. Dia diduga menjadi sosok paling berpengaruh dalam menentukan wasit yang bertugas.

“Gaji wasit di Indonesia termasuk yang besar di Asia, (gajinya) Rp 5 juta. Mungkin di Thailand atau Malaysia 3-4 juta rupiah. Paling tinggi di Liga 1, wasit utama Rp 5 juta, asisten wasit Rp 2,5 juta,” ungkap COO LIB, Tigor Shalom Boboy.

Gaji wasit diakui Tigor tak ditentukan dari agresivitas pertandingan. Gaji wasit yang memimpin laga panas seperti Persija Jakarta vs Persib sama saja dengan laga lain.

“Sama saja, enggak ada perbedaan. Penentuan untuk penugasan berdasarkan grade. Tapi kalau gaji sama,” pungkas Tigor.