Soal Pemain Naturalisasi, Simon McMenemy Ingin Keseimbangan

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, memberikan pendapatnya tentang penggunaan pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia.

Beberapa tahun terakhir jumlah pemain naturalisasi memang terus bertambah. Namun McMenemy sendiri mementingkan keseimbangan di tim dan wajah timnas yang didominasi pemain Indonesia.

“Kalau terlalu banyak pemain naturalisasi, rasanya itu bukan timnas Indonesia. Hal ini mendatangkan sedikit masalah di Filipina, terkait hubungan mereka dengan suporternya. Mereka merasa, tim kurang rasa Filipina,” ucap McMenemy.

“Butuh keseimbangan antara pemain-pemain naturalisasi dengan pemain lain dalam tim,” sambung juru taktik asal Skotlandia yang pernah menukangi timnas Filipina tersebut.

Saat ini masih banyak pemain berdarah Indonesia bertebaran di negara lain, khususnya Eropa. Salah satunya adalah pemain yang kini merumput di Belgia, Sandy Walsh.

“Menurut saya, Sandy Walsh pemain bagus, tetapi banyak pemain bagus yang punya kesempatan dinaturalisasi. Saya pikir dia akan sangat senang datang ke Indonesia dan bergabung dengan timnas,” tukas McMenemy.