Duel Persinga Vs Persebaya di Piala Indonesia Kembali Tak Jelas

Duel Persinga Ngawi melawan Persebaya masih belum juga menemui kejelasan. Laga leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia 2018 dijadwalkan digelar 30 Januari 2019, namun venue pertandingan belum ditentukan.

Sampai sekarang manajemen Persebaya tidak mendapat surat mengenai pertandingan itu. PSSI sebagai operator turnamen juga belum mengirim surat pemberitahuan mengenai rincian tempat pertandingan.

“Ini sudah H-3 dan masih belum ada kepastian laga leg 1 Persinga kontra Persebaya. Menurut regulasi, harusnya H-7 sudah ada kepastian tempat,” kata Ram Surahman, Sekretaris Tim Persebaya, Minggu (27/1/2019).

Duel ini sudah mengalami penundaan dari jadwal aslinya. Awalnya, pertandingan ini digelar pada 22 Januari, namun Persinga sebagai tuan rumah gagal menjalankan tugasnya.

Alasannya, mereka tidak mendapat izin dari Polres Ngawi untun digelar di Stadion Ketonggo, Ngawi. Asprov PSSI Jawa Timur sempat turun tangan akan memindahkan pertandingan ke Stadion Jala Krida Bumimoro AAL, Surabaya. Namun, stadion itu juga tidak bisa digunakan.

PSSI kemudian memutuskan menunda laga itu pada 30 Januari 2019, tanpa kepastian venue lagi. Insiden serupa kini terulang, berujung hal sama. Jika tidak di gelar pada tanggal yang telah ditentukan, Persebaya akan menolak perubahan jadwal lagi.

“Persebaya tegas, tak mau diubah lagi jadwalnya. Jika 30 januari tak ada kepastian digelar di mana, Persebaya minta dikembalikan ke aturan main alias regulasi,” ucap Ram.

Jika hal itu memang terjadi, Persebaya akan menang walkover akibat kegagalan tuan rumah Persinga menggelar pertandingan. Sedangkan jika mengacu pada jadwal itu, leg kedua akan digelar 7 Februari 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Persebaya bertindak sebagai tuan rumah.