Alasan Firza Andika Pilih Nomor 38 di AFC Tubize

Anggota Timnas Indonesia U-22, Firza Andika resmi memperkuat klub divisi dua Belgia, AFC Tubize. Di klub tersebut, Firza memilih nomor 38.

Banyak yang mengira nomor 38 yang dipakai Firza terinspirasi oleh pemain Italia, Davide Santon saat masih di Inter Milan. Namun, bukan karena itu Firza memilih nomor 38 di Tubize.

“Tadinya ingin pakai nomor 11 atau 29 tapi nomor itu sudah ada yang pakai di Tubize,” ujar Firza dalam sesi jumpa pers di Kantor Northcliff, Equilty Tower, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).

Ternyata nomor tersebut mengarah kepada angka 11 yang merupakan tanggal kelahiran Firza.

“Kalau 38 kan bisa tiga tambah delapan jadinya sebelas. Karena itu tanggal lahir saya. Saya juga pakai nomor itu kalau bermain di Timnas Indonesia,” tambah mantan pemain PSMS Medan.

Firza secara resmi dikontrak dua tahun oleh AFC Tubize. Ia dipilih oleh manajemen Tubize karena memiliki intelegensia dan teknik yang baik sebagai bek kiri.

Pemain 19 tahun itu akan berangkat ke Belgia setelah gelaran Piala AFF U-22, di Kamboja pada Februari mendatang. Firza mengikuti Egy Maulana Vikri, pemain eks timnas U-19 yang berkarier di Eropa.