Ivan Kolev Yakin Pemain Bisa Tampil Baik Tanpa Pilar Asing di LCA

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev yakin timnya bisa tetap bermain dengan baik meskipun tanpa diperkuat pemain asing saat melawan Home United pada babak play off Liga Champions Asia 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019).

Terancamnya Persija Jakarta tidak diperkuat pemain asing karena sampai saat ini PSSI belum membuka jendela transfer untuk kompetisi Indonesia.

PSSI baru membuka jendela transfer pemain dua bulan sebelum kompetisi Liga 1 2019 digelar awal Mei mendatang.

Federasi sepak bola Indonesia itu juga sudah bersurat kepada FIFA dan AFC agar memberikan dispensasi dan pengertian kepada Macan Kemayoran.

Tiga pemain asing yang terancam tidak bisa memperkuat Persija Jakarta adalah Bruno Matos, Jakhongir Abdumamunof, dan Vinicius Lopes Neguete.

Hanya Marko Simic saja pemain asing lama yang bisa membela Persija Jakarta melawan Home United.

Selain ketiga pemain asing itu, Persija Jakarta juga tidak bisa menurunkan Ryuji Utomo.

Pasalnya, bek asal Jakarta itu sebelumnya bermain di kompetisi kasta kedua Thailand dengan memperkuat PTT Rayong.

Tentu saja Ivan Kolev harus berpikir ekstra keras untuk menyiapkan pemain lokal pengganti pemain asing yang tidak bisa bermain.

Nama-nama seperti Vava Mario Yagalo, Maman Abdurrahman, Ramdani Lestaluhu, dan Fitra Ridwan, bisa menjadi opsi pertama untuk menggantikan pemain-pemain yang absen melawan Home United.

“Saya percaya dengan pemain-pemain saya. Saya yakin mereka bisa bermain bagus dan membuktikan di lapangan,” kata Ivan Kolev di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta Timur, Senin (21/1/2019).

Ivan Kolev belum bisa memprediksi timnya akan bermain tidak bagus apabila tidak diperkuat tiga pemain asing dan Ryuji Utomo.

Namun yang pasti sebelum pertandingan, pelatih asal Bulgaria itu akan terus memberikan motivasi kepada anak-anak asuhnya.

“Mungkin tanpa pemain asing kami bisa bermain dengan bagus. Bisa saja dengan kehadiran pemain asing, kami bisa bermain lebih bagus lagi. Kita lihat saja nanti,” kata Ivan Kolev.

Ivan Kolev juga mengakui ia belum terlalu mengenal karakter semua pemain Persija Jakarta. Sebab, Ivan Kolev baru satu pekan melatih bersama tim kebanggaan The Jak Mania tersebut.

“Belum semua, saya masih butuh waktu,” kata Ivan Kolev.