Datangi Satgas, Persijap Jepara Juga Bongkar Pengaturan Skor

CEO Persijap Jepara, Esti Puji Lestari, mendatangi Satgas Anti Mafia Bola. Persijap melaporkan kasus pengaturan skor lainnya di sepakbola Tanah Air.

Kepada detikSport, Esti mengaku melaporkan dugaan pengaturan skor kepada Mabes Polri pada Jumat (18/1/2019). Dalam kesempatan itu, ia memberi keterangan tentang tujuh kejadian berbeda selama tujuh jam.

“Ya, saya sudah berbicara langsung ke Pak Krishna Murti, lalu diundang ke Mabes Polri. Kemudian digelarlah perkara informal, kami diskusi, beberkan kronologi, ada enam sampai tujuh kejadian, ada barang buktinya, ada yang masih dugaan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (21/1/2019).

“Ya kalau pun tidak menjadi kasus, Satgas tahu beberapa modus operandi pengaturan skor seperti itu. Ada tiga kasus yang bisa menjadi materi,” Esti menambahkan.

Esti mengatakan Polda akan memanggil orang-orang yang dilaporkannya. Tapi, Esti belum bersedia menyebut nama dengan alasan menghormati prosedur yang dilakukan Satgas.

“Langkah berikutnya Polda akan memeriksa orang-orang yang saya sebut. Saya belum bisa kasih tahu ya, nanti saja,” dia menjelaskan.

Sejauh ini, Satgas Anti Mafia Bola sudah menetapkan enam tersangka dalam kasus pengaturan skor yakni Johar Lin Eng (Asprov Jateng PSSI), Dwi Irianto (Anggota Komisi Disiplin PSSI), Priyanto (Mantan Komisi Wasit), Anik Yuni Kartika Sari (Mantan Wasit Fitsal), Wasit Nurul Safarid, dan Mansur Lestaluhu pengatur wasit PSSI.