PSSI Bakal Bentuk Lembaga Independen Wasit Profesional

PSSI menghasilkan beberapa keputusan dalam Kongres Tahunan yang mereka gelar di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1). Salah satu keputusan penting yang berhasil diambil adalah terkait dengan pembentukan lembaga independen wasit profesional.

Kualitas kepemimpinan wasit dalam sebuah pertandingan di Liga 1 maupun Liga 2 memang menjadi sorotan utama dalam beberapa tahun terakhir. Tak jarang, wasit dijadikan kambing hitam dari kekalahan sebuah klub atau bahkan para wasit juga kerap menjadi incaran kekerasan di lapangan oleh pihak yang tidak puas dengan keputusan mereka.

“Di dalam kongres tadi disetujui inisiatif PSSI untuk membentuk lembaga independen kaitannya dengan wasit profesional, khususnya untuk Liga 1 dan Liga 2,” ujar Joko Driyono, ketua umum PSSI dalam jumpa pers setelah Kongres PSSI.

Joko menambahkan, ada tiga hal utama yang harus ditangani PSSI terkait dengan pembentukan lembaga independen tersebut. Pertama, menyangkut sistem dan infrastruktur. Sementara yang kedua adalah masalah manajerial, yaitu lembaga ini harus ditangani oleh ahli yang benar-benar kompeten.

“Dan yang paling mendasar adalah sumber daya manusia dan perangkat pertandingannya. Ini harus diback-up dari program pengembangan wasit yang ada di PSSI, sebagaimana sejak tahun 2018 bersama-sama dengan FIFA melalui program FIFA Forward, PSSI mendapatkan bantuan yang besar untuk masalah ini,” jelas pria asal Ngawi tersebut.(gk-67)