Liga Champions Asia, Komentar PSSI soal Persija Terancam Tanpa Ryuji dan 3 Pemain Asing

Direktur Media dan Digital Promosi PSSI, Gatot Widakdo, angkat bicara terkait kemungkinan Persija Jakarta tidak bisa memainkan pemain asing dan juga Ryuji Utomo pada babak play-off Liga Champions Asia 2019.

Diakuinya, saat ini PSSI sedang mengupayakan agar Persija bisa memainkan tiga pemain asing baru yakni Bruno Matos, Jakhongir Abdumuminov dan Vinicius Lopes Neguete, serta Ryuji Utomo, dalam kompetisi tertinggi se-Asia tersebut.

Perlu diketahui, Persija terancam tak bisa menggunakan jasa para pemain tersebut karena sampai saat ini PSSI belum membuka jendela transfer pemain. PSSI baru akan membuka jendela transfer pemain pada Februari 2019.

Sementara itu, Persija berharap PSSI bisa membuka jendela transfer sesegera mungkin sehingga bisa mengurus International Transfer Certificate (ITC).

Sebab, tanpa ITC, para pemain asing dan Ryuji Utomo tidak bisa bermain untuk Persija dalam Liga Champions Asia 2019.

Meskipun demikian, Gatot Widakdo mengatakan bahwa PSSI belum bisa membuka jendela transfer pemain dalam waktu dekat.

Padahal, pendaftaran terakhir pemain untuk berlaga di Liga Champions Asia 2019 itu pada hari ini, Senin (21/1/2019).

“Kami memang tidak bisa membuka jendela transfer dalam waktu dekat ini karena sesuai peraturan FIFA. Peraturannya, dua bulan sebelum kompetisi dimulai,” kata Gatot Widakdo saat dihubungi BolaSport.com, Senin (21/1/2019).

“Akan tetapi kami juga sudah mengirimkan surat ke FIFA untuk memberikan penjelasan dan Persija Jakarta mendapatkan kompensasi, meskipun kami juga sudah tahu jawabannya nanti,” kata Gatot Widakdo menambahkan.

Dia melanjutkan, FIFA kemungkinan besar akan menolak permintaan yang diajukan PSSI tersebut. Namun demikian, PSSI juga terus berupaya untuk mengirimkan surat kepada AFC agar mengerti masalah yang saat ini terjadi.

PSSI belum bisa membuka jendela transfer pemain karena kompetisi Liga 1 2019 baru akan digelar pada awal Mei. PSSI juga menjelaskan secara rinci kepada AFC dan berharap bisa membantu Macan Kemayoran.

“Kami juga sudah mengirimkan surat ke AFC untuk meminta kompensasi agar Persija Jakarta bisa memainkan pemain asing baru dan Ryuji Utomo meski belum memiliki ITC,” kata Gatot Widakdo.

Dia juga mengatakan bahwa permasalahan Persija tentu saja berbeda dengan PSM Makassar.

Menurutnya, PSM hanya bermain di Piala AFC 2019 dan baru akan bertanding akhir Februari, sedangkan Persija dijadwalkan akan melakoni pertandingan play-off Liga Champions Asia 2019 melawan Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019).

“Kami berharap AFC bisa membalas surat itu hari ini, karena hari ini terakhir pendaftaran pemain. Segala sesuatu itu masih akan terus kami upayakan,” kata Gatot Widakdo. (Mochamad Hary Prasetya)