Stadion 17 Mei Bakal Direnovasi, Barito Putera Siap Mengungsi

Barito Putera dipastikan bakal mengungsi untuk Liga 1 2019. Hal itu terjadi karena markas mereka, yakni Stadion 17 Mei di Banjarmasin bakal direnovasi.

Manajemen Barito Putera kabarnya sedang berupaya meminjam stadion yang masih di sekitaran Kalimantan Selatan. Pilihan yang paling mungkin adalah tampil di Stadion Demang Lehman, markas Martapura FC.

Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, menyebut pihaknya saat ini sedang berusaha untuk mendapatkan izin menggelar laga kandang di Martapura. Keinginan tersebut diungkapkan agar suporter Laskar Antasari tetap bisa menyaksikan pasukan Jacksen F Tiago bermain.

“Hal ini sama seperti suporter mereka (Martapura FC) yang tentu ingin melihat Barito Putera bermain di sini. Pilihan realistisnya adalah Stadion Demang Lehman,” kata Hansuryadi kepada wartawan di Banjarmasin, Selasa (15/1/2019).

Stadion Demang Lehman terletak di Desar Indra Sari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Stadion berkapasitas 15 ribu orang itu berjarak 41 km dari kota Banjarmasin.

Pelatih Jacksen F Tiago menyayangkan timnya tidak bisa tampil di Stadion 17 Mei. Namun, pelatih asal Brasil itu menyebut bermain di Stadion Demang Lehman adalah pilihan yang realistis.

“Bisa dilihat sendiri kondisi lapangan stadion. Tidak latihan setengah bulan saja rumputnya sudah begini,” ujar Jacksen.

Proses renovasi Stadion 17 Mei akan menggunakan dana anggaran dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kabarnya, dana yang diajukan Pemprov yakni senilai Rp 13 miliar sudah disetujui oleh DPRD dan masuk dalam APBD tahun anggaran 2019.

Barito Putera diyakini sudah tidak menggunakan Stadion 17 Mei ketika menjamu PSS Sleman pada leg 1 babak 32 Besar Piala Indonesia 2018-2019 yang berlangsung pada 23 Januari mendatang. Nantinya, laga tersebut menjadi debut perdana Gavin Gwan Adsit dkk berlaga di Stadion Demang Lehman.