Kiper Persib Sarankan Pemain Mudah Jajal Tantangan di Klub Lain

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby, menyarankan supaya pemain muda menimba ilmu di klub lain sebelum berkeinginan membela Maung Bandung.

Menurutnya, tidak mudah mendapatkan tempat di Persib. Terlebih, Persib dihuni banyak pemain bintang dan berkualitas pada setiap musim.

“Tidak hanya dengan mengandalkan teknik saja untuk bisa bermain di Persib. Tapi, mental juga harus siap karena Persib merupakan tim besar. Maka kita dituntut harus menjadi pemain yang besar,” ujar Natshir, Sabtu (29/12/2018).

Kiper yang akrab disapa Deden mencontohkan kariernya sendiri. Dia memulai karier profesionalnya bersama klub lain meski pada masa muda membela Persib U-15 dan U-21.

Deden memutuskan hijrah membela Pelita Jaya pada musim 2011 dan Arema pada musim berikutnya. Merasa sudah matang, kiper asal Soreang, Kabupaten Bandung ini pulang ke Bandung dan membela Persib pada musim 2014.

“Pemain asli Jabar pasti ingin bermain di Persib. Makanya saya titip pesan. Banyak contoh yang mentok ke Persib karena dia tidak mau merantau dan tidak mau jauh dari orang tua. Padahal dia masih muda dan jadi memilih kerja,” katanya.

Deden juga merespons baik rencana Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang berniat mengembalikan pemain putra daerah untuk kompetisi musim depan.

“Saya juga dengar soal rencana untuk Persib Bandung itu. Saya syukuri dan apresiasi luar biasa. Soal tantangan, menurut saya adalah hal lumrah ketika pemain muda di bangku cadangkan. Itu kembali kepada kita, jika kita mau bekerja keras dan membuktikan di lapangan, situasi akan berbeda,” tegasnya.