Cara Osvaldo Haay Nikmati Liburan di Jayapura

Penyerang sayap Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, benar-benar menikmati momen liburan. Dia menghabiskan masa liburan di Kampung Tobati, sebuah pulau kecil di utara Pulau Papua yang masih masuk Kota Jayapura.

Menurut Osvaldo, Kampung Tobati merupakan kampung yang penduduknya mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Makanya, dia menjalani aktivitas dengan menjala ikan bersama teman-temannya.

“Penduduk di sini kebanyakan memang nelayan. Seperti bapak saya juga nelayan, tetapi sekarang sudah jadi PNS. Ini kampung saya lahir memang, kampung yang sama dengan Marcko Sandy Meraudje (Sriwijaya FC),” kata Osvaldo kepada Bola.com, Sabtu (29/12/2018).

“Di sini kami tidak memancing, cuma buang jaring atau jalan saja. Dan itu kami buang jalanya pada malam hari saat air laut sudah surut. Setelah dapat ikan, kami bakar ikan dan makan sama-sama,” imbuh pemain berusia 21 tahun itu.

Biasanya, Osvaldo dkk. akan menghabiskan waktu semalam untuk mendapatkan ikan. Mereka baru akan selesai hingga subuh karena justru saat seperti itu air laut sudah surut dan ikan mudah didapatkan. Kalau sempat, mereka akan langsung bakar ikan di sana.

Namun, tak jarang mereka akhirnya memutuskan untuk pulang dan melanjutkannya lagi pada keesokan harinya. Sisa ikan yang belum dibakar bisa dibawa pulang dan akan dimakan sebelum kembali pergi menjala.

Teman-teman sekampung Osvaldo juga kebanyakan memang pemain sepak bola, meski berstatus sebagai pemain amatir. Di kampung Osvaldo itu kebetulan ada sebuah klub amatir yang bernama Tobati FC.

“Tobati FC adalah tim tarkam (antar kampung) yang pemainnya berisikan teman-teman saya. Klubnya itu ikut di turnamen tarkam. Ya mereka ini yang bareng dengan saya menjala ikan,” terang Osvaldo.

Bagi Osvaldo Haay, momen ini mengingatkannya pada masa kecil kampung tempat dia lahir dan dibesarkan itu.