PT Liga Indonesia Baru Menjalin Kerja Sama dengan La Liga

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menjalin kerja sama dengan La Liga untuk mengembangkan sepak bola Spanyol dan Indonesia di fX Soedirman, Rabu (16/1/2019) sore.

Kerja sama ini fokus pada pengelolaan finansial, promosi brand, tanggung jawab sosial, dan kepelatihan. Inisiatif ini sudah dilakukan oleh La Liga dengan beberapa operator liga di negara lain, sejak Javier Tebas menjabat sebagai presiden pada 2013.

“La Liga ada di top 5 kompetisi dunia. Banyak klubnya yang sudah bermain di level internasional seperti Liga Champions. MoU ini akan berlangsung sekitar 3 tahun dan harapannya Indonesia bisa mendapatkan ilmu dari LaLiga,” ujar CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya, di fX Soedirman, Rabu (16/1/2019) sore.

Sementara itu, Managing Director LaLiga untuk Asia Tenggara, Jepang, Korea, dan Australia, Ivan Codina, menegaskan pentingnya kerja sama dengan PT LIB karena Indonesia merupakan pasar potensial untuk industri sepak bola.

“Kami datang ke Indonesia dengan tujuan untuk membantu mengembangkan sepak bola menjadi industri. Jadi MoU ini menjadi sangat penting bagi La Liga. Kami berterima kasih kepada PT LIB karena percaya kepada LaLiga untuk menjalankan proyek ini,” ujar Ivan Codina.

Sementara itu, delegasi LaLiga Global untuk Indonesia, Rodrigo Gallego, menyebut nama Luis Milla dalam kerja sama ini. Namun, Luis Milla hanya sebatas memberikan informasi mengenai talenta bagus sepak bola di Indonesia.

“Indonesia masuk dalam top 5 pasar LaLiga. Talenta anak-anak usia 10-12 tahun yang mengikuti akademi LaLiga juga luar biasa. Saya juga mendapat informasi langsung dari Luis Milla mengenai potensi di Indonesia. Kami percaya Indonesia memiliki potensi dan pasar yang bisa membawa sepak bola lokal menjadi industri besar,” ujarnya.