Pemain Senior Persib Mulai Tersingkir, Ini Kata Supardi

Sejumlah penggawa senior Persib mulai tersingkir. Setelah Eka Ramdani yang memutuskan pensiun, Atep, Tony Sucipto, dan Airlangga Sucipto dipastikan tak akan berbaju biru lagi setelah manajemen tak memperpanjang kontraknya.

Bek Persib, Supardi Nasir, mengatakan, situasi itu hal wajar dalam dunia sepak bola. Namun, dia menegaskan, usia bukan faktor utama yang menjamin pemain dipertahankan.

“Ya inilah sepak bola, kualitas yang dikedepankan. Tahun besok bukan tak mungkin saya sendiri, atau mungkin pemain lain. Enggak juga menjamin pemain muda aman di sini. Itulah sepak bola, profesionalitas,” kata Supardi di Bandung, Selasa (15/1/2019).

Supardi menjelaskan, kehilangan Atep memang menyimpan bekas yang kuat bagi para pemain lama di Persib. Sebab, Atep merupakan ikon Persib.

“Saya pesan ke Atep ke mana pun berkarier, Atep sudah identik dengan Persib. Saya katakan kemarin, di mana pun berkarier, mungkin bagi Atep belum terbiasa, jauh dari keluarga. Jadi, harus terbiasa dengan pola seperti ini,” tuturnya.

“Pelatih pergi, pemain pergi, tetapi Persib tetap persib. Jadi, saya selalu berdoa untuk Atep, kesuksesan dia di mana pun saya yakin dia bisa beradaptasi dengan cepat di mana pun,” katanya.

Supardi memahami para pemain pemain lama yang kini meninggalkan Persib. Sebab, dia sempat hengkang dari Persib tahun 2016.

“Saya pernah merasakan itu ketika pindah itu bersisa, masih tersisa, itu biasa. Butuh waktu untuk beradaptasi. Insya Allah enggak sulit, mereka pemain berpengalaman, cerdas,” katanya.