Wejangan Ferdinand Sinaga untuk Pemain Muda PSM

Menjadi seorang pesepakbola tidaklah mudah. Meskipun pemain tersebut terbilang mempuni di lapangan, namun belum tentu setiap laga bisa memberitakan performa terbaiknya.

Ungkapan ini juga terlontar dari mulut Ferdinand Sinaga (30). Pemain dengan nomor punggung tiga di PSM Makassar ini, bahkan mengaku kerap menyampaikan kata-kata tersebut kepada pemain, khususnya yang masih muda.

“Dan yang penting jangan jadi orang sombong. Rata-rata pemain muda selalu saya ingatkan. Kalian jangan mau sombong. Hari ini atau pertandingan hari ini kamu bisa sangat bagus. Belum tentu laga besok bisa bagus,” tegas Ferdinand Sinaga, Rabu (26/12/2018).

Ada banyak pemain muda yang kerap ia beri wejangan. Termasuk para pemain muda dikubu Ayam Jantan dari Timur.

Beberapa diantaranya seperti Hilman Syah, Asnawi Mangkualam Bahar, Reva Adi Utama, dan lain sebagainya.

“Saya juga selalu katakan. Jangan selalu besar kepala. Karena itu hanya buat kita jadi orang sombong. Hari ini kita dipuji, besok lusa kita bisa dijatuhkan,” papar Ferdinand.

“Ibaratnya, ketika kita mendapat pujian, dan besar kepala. Kepala kita tidak akan ada yang topang. Leherpun tak akan bisa menopang jika kita besar kepala,” jelas pemain dengan nama lengkap Ferdinand Alfred Sinaga.

Bahkan untuk meyakinkan para pemain muda itu, Ferdinan kerap menceritakan perjalanan karirnya sebagai pemain sepakbola.

Mulai dari hanya sebagai pemain pelapis, sampai menjadi inti.

“Dulu saya hanya sebagai pemain pelapis. Waktu di Persisam Samarinda, saya pelapis pemain asing. Tapi saya menunjukkan kualitas saya. Di PSM pun begitu, saya cedera diakhir liga 2018 tapi saya paksa untuk main. Akhirnya cetak tiga gol,” ungkapnya.

“Makanya saya bilang, jangan lah sombong. Terus berjuang, sabar, dan upayakan bisa bersaing secara sehat,” demikian Ferdinand Alfred Sinaga.