Uang Bukan Alasan Evan Dimas Memilih Barito Putera

Bursa transfer Liga 1 2019 dikejutkan dengan bergabungnya Evan Dimas ke Barito Putera. Padahal mantan klub Evan Dimas yakni Bhayangkara FC dan Persebaya lebih dulu dikaitkan dengan mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu.

Manajer Tim Barito Putera Hasnuryadi HAS Sulaiman pun akhirnya buka kartu alasan pemain yang musim lalu merantau ke Liga Malaysia bersama klub Selangor FA itu memilih Laskar Antasari sebagai pelabuhan musim 2019 nanti.

“Proses rekrutmennya memang cukup pelik. Banyak hal yang kami diskusikan. Negosiasi kami tak melulu soal nilai kontrak. Tapi kami juga harus mengakomodasi kepentingan Evan Dimas. Istilahnya kami dan Evan Dimas mencari win-win solution,” tutur Hasnuryadi.

Ketertarikan mantan anak didik Mursyid Effendi di SSB Mitra Surabaya berbaju Barito Putera karena klub ini memberi porsi lebih banyak kepada pemain muda untuk mengembangkan kariernya.

“Poin itu yang menarik minat Evan Dimas. Karena kami punya program pengembangan bakat pemain muda. Orientasi kami membangun Barito Putera untuk jangka panjang. Kami jamin Evan Dimas akan lebih banyak bermain di kompetisi. Kecuali dia cedera atau akumulasi yang membuatnya absen,” kata Hasnuryadi.

Jika dianalisis secara bisnis memang kepindahan Evan Dimas dari Selangor FA ke Barito Putera tak masuk akal. Pasalnya, nilai kontrak Evan Dimas di Barito Putera di bawah Selangor FA. Padahal seharusnya nilai kontrak seorang pemain naik dibanding tahun sebelumnya.

“Inilah seni bernegosiasi. Saya bilang tadi uang bukan jadi alat utama pendekatan kami. Prinsip kekeluargaan yang kami tawarkan kepada Evan Dimas,” jelas Hasnuryadi.

Jaminan kesehatan finansial yang diberikan Hasnuryadi membuat Evan Dimas mantap memilih Barito Putera. “Siapa pun yang ingin bekerja prioritas utama keuangan perusahaan. Bukan statusnya sebagai bisnis raksasa. Kami berani menjamin selama di Barito nanti gaji Evan Dimas dan pemain lainnya tak akan terutang,” ucap Hasnuryadi.

Alasan berikutnya adalah target Barito Putera menjuarai Liga 1 musim depan.

“Semua pemain pasti mencari klub yang punya target. Dengan begitu, mereka akan tampil maksimal di kompetisi. Jika target juara tercapai, harga si pemain akan meningkat musim berikutnya. Barito punya target itu dan Evan Dimas berkomitmen ingin berprestasi bersama kami,” paparnya.