Terpaksa Jadi Tim Musafir di AFC Cup, PSM Tetap Percaya Diri

PSM Makassar dipastikan tak akan menggunakan Stadion Mattoangin Makassar saat menggelar laga kandang di ajang AFC Cup 2019. Markas mereka tersebut tidak layak untuk menjadi tempat menjamu tim-tim asal Asia.

Di AFC Cup 2019, PSM Makassar berada di Grup H bersama Home United (Singapura), Lao Toyota (Laos), dan Kaya FC (Filipina). Yang jadi masalah, Stadion Mattoangin Makassar tidak layak untuk menggelar laga di level Asia.

Manajemen PSM segera menentukan pilihan. Adalah Stadion Pakansari, Bogor, yang nantinya akan menjadi home base PSM di AFC Cup. Karena akan jadi tim musafir, segala urusan harus segera diselesaikan. AFC memberikan tenggat waktu satu bulan sebelum laga perdana bagi PSM untuk melengkapi segala perizinan.

Laga perdana PSM adalah saat away kontra Home United, 27 Februari 2019. Artinya, segala urusan perizinan stadion harus sudah tuntas pada 27 Januari 2019.

“Dalam minggu ini kami lihat hal yang jadi syarat AFC. Apa saja aturan baku yang harus kita ikuti. Kami akan maksimalkan semua infrastruktur yang ada di sana,” kata CEO PSM, Munafri Arifuddin.

Manajer Lisensi PSSI Tigorshalom Boboy memang meminta PSM untuk bekerja lebih keras. Sebab, banyak yang harus diurus. Seperti jaminan hotel bagi calon tim tamu. “Karena bukan di Makassar, ini harus betul-betul dipersiapkan dengan baik. Karena pengawasan dan standarnya juga lebih ketat,” katanya.

Nah, berlaga di Pakansari tak lantas membuat PSM ciut nyali. Juku Eja tetap mematok target tinggi dalam ajang tersebut. Pelatih PSM Robert Rene Alberts bahkan cukup antusias menyambut kembalinya Juku Eja ke level Asia.

“PSM akhirnya kembali ke level Asia. Kompetisi di sini (AFC Cup) akan lebih sulit. Tetapi kami coba berikan yang terbaik untuk PSM,” tegas pelatih asal Belanda itu.

Untuk meraih hasil maksimal, Alberts sudah punya gambaran pembenahan yang akan dilakukan. Mantan pelatih Sarawak FA itu akan menambal lini belakang yang sudah ditinggal Steven Paulle. Selain itu, lini depan juga menjadi sorotan. Karena itu, dia bakal memanfaatkan waktu selama satu bulan ini untuk berburu pemain anyar.

“Kami bukan tim dengan pertahanan terbaik. Kami juga tidak punya top skor. Jadi prioritas sekarang adalah mendapatkan pemain yang betul-betul bagus,” tambah Alberts.

Saat ini skuad PSM masih berlibur. Mereka akan kembali berlatih jelang ajang AFC Cup. “Kami punya waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan tim sebaik mungkin,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*