Persib Sudah Punya Simba sebagai Maskot Sebelum Prabu

SAAT jeda kompetisi, Persib membuat kejutan dengan meluncurkan maskot klub. Dia adalah Prabu yang merupakan kependekan dari Pangeran Biru.

Prabu resmi diluncurkan sebagai maskot Persib. Publikasinya dilakukan melalui akun sosial media klub pada Selasa 25 Desember 2018.

Ternyata sebelum Prabu diresmikan sebagai maskot Persib, sudah terlebih dahulu ada maskot lain yang selama ini selalu menemani laga yang dilakoni Maung Bandung. Dia adalah Simba.

Simba juga merupakan akronim dari Si Maung Bandung. Bobotoh mungkin sudah sering melihatnya. Simba kerap berada di pinggir lapangan Stadion Gelora Bandung Lautan Api ketika laga berlangsung sambil memberikan semangat kepada para pemain.

Penampakan Simba tidak jauh berbeda dengan Prabu. Namun, Simba punya ciri khas dari. Di balik kostumnya terdapat angka 12 yang menjadi representasi bahwa Simba adalah pemain ke-12 dan mewakili bobotoh sebagai pendukung setia Persib.

Simba bukanlah maskot resmi yang ditetapkan manajemen Persib tetapi berasal dari salah satu komunitas pendukung Persib yaitu Bobotoh Maung Bandung Bersatu atau Bomber.

Kehadiran Simba sebagai maskot tidak resmi saat Persib bertanding sudah terjadi sejak 2015. Simba bahkan sudah mempunyai akun Instagram.

Akan tetapi, sebelum ada Simba, sebenarnya kala Persib masih bertanding di Stadion Siliwangi, maskot yang serupa sudah ada dan hadir di stadion.

“Sebelum Simba, sudah ada maskot, tahunnya lupa lagi, yang jelas dari dulu sudah ada tapi tidak diekspos seperti sekarang,” ujar Dirigen Viking Persib Club Yana Umar saat dihubungi pada Selasa 25 Desember 2018.

Mengenai peluncuran Prabu, maskot resmi dari klub Persib Bandung, Yana Umar menilai, selama hal itu bagus dan membawa kebaikan bagi klub, maka akan sangat menguntungkan. Sebab, maskot biasanya menjadi penghibur bagi penonton dan penambah semangat pemain.

Yana Umar menangatakan, meski Persib telah memiliki Prabu sebagai maskot resmi, maskot-maskot yang selama ini hadir di stadion sebenarnya sudah diketahui manajemen.

Peluncuran Prabu sebagai maskot juga tidak terlepas dari upaya manajemen yang ingin memiliki ikon sebagai penanda identitas Persib. Prabu tidak hanya hadir di stadion saat bertanding, tetapi ketika Persib menggelar acara di laur lapangan, Prabu bisa turut terlibat dalam acara itu.

Bob, Koordinator Divisi Kreatif Viking Persib Club menuturkan, sebelum adanya Prabu, Simba sudah terlebih dahulu hadir di tengah bobotoh.

“Bicara mengenai maskot, itu mungkin sebuah brand atau ikon tim Persib. Memang maskot sebelumnya ada, yaitu Simba tapi itu bukan milik Persib, Simba itu milik suporter. Fungsi (Prabu) nanti hampir seperti Simba, tapi Prabu bisa ikut tim Persib, bisa difoto di lapangan atau di acara Persib lainnya,” kata Bob.***

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*