Legenda Persebaya Jelaskan Perbedaan Match Fixing Zaman Dulu dan Sekarang

Publik pecinta sepak bola dalam beberapa bulan terakhir ini sedang ramai dengan pemberitaan match fixing atau pengaturan skor. Melihat fenomena seperti ini, salah satu legenda hidup Persebaya Surabaya, Maura Helly mengatakan tidak kaget dengan fenomena seperti ini.

Pemain Persebaya Surabaya era 80-an itu mengaku jika praktek seperti ini sudah ada sejak zaman dirinya masih aktif sebagai pemain sepak bola. Namun, pengaturan skor sepak bola saat zaman dahulu dan sekarang berbeda.

Perbedaan paling mencolok menurutnya adalah bentuk permainan pengaturan skor tersebut. 

“Kalau zaman saya dahulu pengaturan skor ini secara diam-diam. Kalau sekarang gampang sekali terlihat,” katanya.

Salah satu contoh yang dituturkan Maura Helly yakni dengan keputusan-keputusan wasit yang terkadang janggal dalam memimpin suatu pertandingan. 

“Misalkan di suatu pertandingan itu ada pelanggaran tapi wasit tidak berikan hukuman. Terus ada juga pelanggaran sebenarnya tapi wasit tidak kasih,” bebernya.

Ketika ditanya seperti apa proses pengaturan skor itu bisa terjadi, Maura Helly enggan mengatakannya bahkan dirinya mengaku tidak tahu. 

“Saya tidak tahu seperti apa, tapi saya yakin ada pengaturan skor sejak dulu,” lanjutnya.

Maura Helly sebenarnya sudah sangat jengah dengan praktek pengaturan skor seperti ini. Oleh sebab itu, mendengar adanya satgas pengaturan skor yang dibentuk oleh kepolisian beberapa hari terakhir dirinya mendukung dan berharap bisa segera diberantas.