Jalan Berliku Kepindahan Hansamu Yama ke Persebaya

Hansamu Yama Pranata dipastikan membela Persebaya Surabaya mulai musim 2019. Walaupun belum diumumkan secara resmi oleh Persebaya, kepindahan Hansamu Yama ke Green Force sudah dibocorkan oleh Barito Putera pada Kamis (10/1) malam.

Pendekatan Persebaya terhadap Hansamu Yama cukup panjang dan berliku. Awalnya, manajemen Persebaya juga mengaku mendapat tawaran untuk merekrut Hansamu Yama dari pihak ketiga.

Pergerakan riil Persebaya dimulai 14 Desember. Tiga perwakilan manajemen Persebaya mendatangi rumah Hansamu Yama di Mojokerto. Dari ketiga sosok itu, dua di antaranya adalah Manajer Candra Wahyudi dan Sekretaris tim Ram Surahman.

Setelah itu, dinamika perburuan Hansamu Yama sempat naik turun. Apalagi dua sahabatnya, yakni Evan Dimas Darmono dan Andik Vermansah urung berseragam Persebaya. Manajemen bekerja keras agar Hansamu Yama tidak lepas ke tim lain.

Harapan untuk mendapatkan Hansamu Yama semakin terbuka setelah mendapat lampu hijau dari pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago. Dalam wawancara dengan JawaPos.com, Jacksen ikhlas apabila pemain andalannya merapat ke Persebaya.

“Saya ikhlas kalau memang pilihan dia (Hansamu) adalah pergi. (Walaupun) harapan kami semua adalah dia tetap bersama kami,” ucap mantan striker andalan sekaligus pelatih Persebaya tersebut.

“Tetapi, sebagai pelatih maupun seorang teman, kami harus menghargai keinginan orang untuk lebih maju atau mendapat hal yang baru,” imbuh ayah kandung pemain Persebaya U-13, Hugo Samir itu.

Setelah pernyataan Jacksen mencuat, Hansamu Yama sempat disebut akan bertandang ke markas Persebaya pada 27 Desember 2018. Namun pertemuan itu urung terjadi, sehingga harus dijadwal ulang.

Tiga wakil Persebaya kembali menemui Hansamu Yama di Mojokerto, 28 Desember 2018. Pertemuan yang berlangsung malam hari di sebuah rumah makan itu berakhir bahagia untuk kedua belah pihak.

Sang kapten Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu sepakat untuk memperkuat Persebaya. Walaupun baru deal secara lisan, namun manajemen Persebaya telah menyediakan nomor punggung 23 khusus untuk Hansamu Yama.

Persebaya tak bisa memperkenalkan Hansamu Yama karena sang pemain masih terikat kontrak dengan Barito Putera. Informasinya, kontrak Hansamu Yama di Barito Putera baru akan paripurna pada 31 Januari 2019.

Terkait hal itu, manajemen Persebaya sempat menyinggungnya pada acara Meet The President, Minggu (6/1) kemarin.

“Kami tidak mungkin berbicara kalau kontrak pemain incaran belum berakhir. Ada pemain yang kontraknya habis 31 Desember. Ada yang kontraknya habis 31 Januari,” ucap Presiden Klub Persebaya Azrul Ananda saat itu.

Walaupun sudah deal, manajemen Persebaya masih memiliki pekerjaan rumah. Mereka harus duduk satu meja dengan Hansamu Yama membahas detail kontrak. Sebab, ada beberapa poin yang harus disepakati.

Jika semuanya beres, Persebaya hanya tinggal menunggu waktu untuk memperkenalkan Hansamu Yama sebagai pemain anyarnya. Tak harus menunggu akhir bulan karena toh kepindahan Hansamu Yama ke Persebaya sudah dibocorkan oleh Barito Putera.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*