Barito Putera Ikhlas Lepas Hansamu Yama ke Persebaya

Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, mengatakan Hansamu Yama Pranata, akan bergabung ke Persebaya Surabaya. Pernyataan itu dilontarkan Hasnuryadi, Kamis (10/1/2019) malam, setelah menggelar pertemuan dengan Hansamu, yang didampingi kedua orang tuanya, di kediaman pelatih Jacksen F. Tiago, di Persebaya.

“Intinya, saya ikhlas dan legawa melepas Hansamu ke Persebaya. Saya sebagai manajer tim, berdoa yang terbaik untuk Hansamu. Semoga dia sukses bersama Persebaya,” ucap Hasnuryadi Sulaiman.

Dalam silaturahmi itu, Hansamu Yama mengungkapkan alasan berpisah dengan keluarga besar Laskar Antasari yang telah empat musim dibelanya.

“Hansamu menyatakan akan menikah pada Maret depan. Calon istrinya perawat di Mojokerto. Dia ingin membangun rumah tangga sakinah. Sebagai imam, Hansamu di awal pernikahannya ingin main di klub yang dekat dengan keluarganya. Alasan ini makin membuat kami rela melepas Hansamu,” tutur Hasnuryadi.

Hasnuryadi mengatakan dirinya bisa saja bersikukuh menolak apa pun alasan Hansamu agar kapten Timnas Indonesia itu tetap bertahan di Barito Putera.

“Tapi saya kira tidak bijak kalau saya memaksakan kepentingan Barito Putera, tapi merampas kebahagiaan Hansamu. Karena kami adalah keluarga, jadi kami cari solusinya. Bukan saling bersikukuh dengan keinginan masing-masing,” jelasnya.

Hasnuryadi Sulaiman juga menganggap Hansamu Yama bukan sosok yang tak tergantikan di Barito Putera.

“Ini malah jadi peluang pemain lain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Hansamu. Kami akan mencari penggantinya, apakah kami ambil dari klub lain atau mempromosikan pemain muda kami sendiri,” kata Hasnuryadi.

“Kami anggap kepergian Hansamu seperti roda kompetisi yang tetap harus berputar. Barito Putera tetap harus berkompetisi, meski Hansamu tak bersama kami lagi,” imbuhnya.

Hasnuryadi tak menutup kemungkinan Hansamu Yama Pratama akan balik lagi ke Barito Putera di kemudian hari. “Kami dengan tangan terbuka akan menerima kembali bila Hansamu ingin ke Barito Putera lagi. Kapan saja dia ingin bergabung, kami membuka lebar-lebar pintu untuk dia,” papar Hasnuryadi.

Hansamu Yama juga telah mengucapkan salam perpisahan kepada Barito melalui akun Instagramnya. Dia mengunggah foto saat pertemuan dengan Hasnuryadi dan Jacksen F Tiago.

“Empat musim yang luar biasa bagi saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Barito Putera. Mohon maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik buat klub,” kata Hansamu Yama.

“Terima kasih Pak Hasnuryadi dan pelatih serta semua pemain Barito Putera. Sampai jumpa lagi dan sukses untuk kita semua.”