Rudy Eka Priyambada Gabung Persebaya

Susunan tim pelatih Persebaya bakal mengalami sedikit perubahan pada musim 2019. Mereka kemungkinan tidak lagi menggunakan jasa Roffy Wikongsinarjo sebagai pelatih fisik seperti musim lalu.

Sebagai pengganti, Rudy Eka Priyambada bakal mengisi jabatan pelatih fisik Persebaya. Kabar ini tentu mengejutkan mengingat Rudy dikenal sebagai sosok pelatih muda yang telah berlisensi kepelatihan AFC A.

Penunjukan pria berusia 36 tahun itu dilakukan secara langsung oleh pelatih kepala Persebaya, Djadjang Nurdjaman. “Iya, memang betul. Di mana pun juga anggota tim pelatih sebuah klub ditentukan oleh pelatih kepala,” kata pria yang akrab disapa Djanur itu.

Selama karier kepelatihan, Rudy pernah menjabat pelatih kepala PS Tira pada musim lalu. Sayangnya, rentetan hasil buruk memaksa manajemen memecatnya pada pertengahan musim dan menunjuk Miftahudin Mukson sebagai caretaker sebelum akhirnya memilih Nilmaizar.

Kapasitas dan berkas lisensi Rudy sebenarnya sudah membuatnya menjadi pelatih kepala sebuah klub Liga 1. Pria asal Jakarta itu saat ini juga sedang dalam proses kursus lisensi kepelatihan AFC Pro bersama pelatih Djanur.

Dengan catatan itu, Djanur memiliki alasan khusus dalam penunjukan ini. “Dia kami angap kapabel. Dia juga anak muda yang terus mengikuti perkembangn sepak bola modern. Apalagi dia lagi kursus AFC Pro,” kata mantan pelatih Persib Bandung itu.

Meski baru baru berumur 36 tahun, Rudy Eka sudah kenyang pengalaman masuk jajaran pelatih di beberapa klub. Dia pernah menjadi asisten pelatih bersama Mitra Kukar. Selain itu, dia juga pernah menangani Al Najma, klub kasta kedua Bahrain.