Hamzka Hamzah Punya Rencana Khusus pada Musim Depan

Kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah, punya rencana khusus pada musim depan. Pemain berusia 34 tahun ini tidak hanya fokus memperkuat Singo Edan, tapi juga ingin menambah ilmu kepelatihannya.

Hamka sudah mengantongi lisensi C AFC. Lisensi yang sama juga dikantongi asisten pelatih Arema, Singgih Pitono.

Jika tahun depan ada kursus lisensi B AFC dan manajeemen Arema mengizinkan, dia akan berusaha ikut serta. Mengambil lisensi mengharuskannya meninggalkan klub kurang lebih dua pekan.

“Rencana lain saya memang menambah ilmu kepelatihan. Tentunya dengan kursus,” jelas Hamka, Senin (24/12/2018).

Namun, Hamka mengaku belum berencana segera pensiun. Dia belum memiliki batasan kapan mengakhiri kariernya sebagai pemain.

“Saya mengalir saja. Tujuan ke depan saya sepertinya ingin jadi pelatih. Tapi menuju ke sana juga harus memulainya dari bawah,” jelas dia.

Pada pertengahan musim 2018 Hamka sudah mengawali kiprahnya dalam dunia kepelatihan. Saat asisten pelatih Arema, Kuncoro, mengambil alih tim secara teknis, Hamka sering diajak berdiskusi untuk memberikan masukan. Kuncoro beberapa kali mengajak Hamka diskusi di pinggir lapangan terkait situasi pertandingan.

Tidak tertutup kemungkinan nantinya dia jadi asisten pelatih sekaligus pemain saat masa transisi jelang pensiun beberapa tahun lagi.

“Seperti yang pernah saya sampaikan, pengalaman itu penting. Saya tidak akan ambil risiko jadi pelatih jika tidak memiliki pengalaman lebih dulu,” jelas Hamka Hamzah.