Miljan Radovic Jadi Pelatih Persib, Bobotoh Jangan Pesimistis

Dirigen Viking Persib Club Yana Umar mendukung Miljan Radovic yang ditunjuk manajemen untuk menjadi Pelatih Persib dalam mengarungi kompetisi musim depan.

Meski belum memiliki pengalaman melatih di Indonesia, Yana Umar yakin Miljan Radovic bisa membawa Persib menjadi lebih baik.

“Sebenarnya, siapun pelatih yang dipilih manajemen, tidak ada masalah. Yang penting bisa membawa Persib lebih baik,” tuturnya dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu 22 Desember 2018.

Terkait hal itu, Yana Umar meminta Miljan Radovic dan manajemen klub menyiapkan para pemain berkualitas. Hubungan antara pelatih, manajemen, dan pemain harus harmonis agar kondusifitas tim tetap terjaga.

“Jadi, jangan langsung pesimistis Miljan Radovic tidak akan bisa membawa Persib lebih baik. Kita lihat dulu,” ujarnya.

Selain menyiapkan skema bermain, kata Yana Umar, Miljan Radovic juga perlu menempa mental para pemain. Tujuannya adalah agar para penggawa Persib siap bertanding dalam keadaan apapun.

“Kalau mentalnya kuat, bermain tanpa penonton atau tandang tidak akan menjadi penghalang,” ujarnya.

Yana Umar menyarankan, Miljan Radovic dan manajemen klub juga perlu mempertimbangkan bakat pemain binaan. Namun, perekrutan pemain dari Maung Ngora tidak boleh dipaksakan.

“Jadi, pertimbangan boleh tapi jangan dipaksakan untuk masuk ke ytim senior sebab mental para pemain muda itu sangat sensitif,” ujarnya.

Terlepas dari berbagai rumor yang berkembang, Eks Kapten Persib Bandung Dadang Hidayat berharap pelatih dan manajemen memberikan kesempatan kepada para pemain binaan yang sukses membawa Maung Ngora juara.

“Banyak pemain binaan Persib yang bagus. Sebaiknya berikan mereka kesempatan bermain,” ujarnya.

Menurut Dadang Hidayat, perekrutan pemain harus bersesuaian dengan kebutuhan tim. Jangan sampai pemain yang dibeli tidak bisa memberikan kontribusi apapun.

“Kebutuhan tim Persib dengan adanya pelatih baru pasti beda. Pemain yang direkrut harus yang bisa mengimplementasikan skema permainan pelatih,” ujar Dadang Hidayat.

Saat ini, manajemen tengah menunggu siapa saja daftar pemain yang ingin didatangkan Miljan Radovic. Manajemen klub akan mempertimbangkan rekomendasi yang disodorkan pelatih kelahiran Montenegro tersebut.

“Kita serahkan sepenuhnya kepada tim pelatih Miljan Radovic untuk menentukan pemain-pemain mana yang akan dipertahankan, pemain mana yang akan direkrut, apakah itu lokal atau asing,” ujar Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono di Graha Persib, Jumat 21 Desember 2018. (Pikiran Rakyat)